Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kembangin Bisnis, WIKA Garap Proyek Kebandarudaraan

Kamis, 29 Juli 2021 13:24 WIB
Gedung WIKA. (Foto: ist)
Gedung WIKA. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Wijaya Karya (WIKA) terus melebarkan sayap bisnisnya. Kali ini perseroan menggarap sektor kebandarudaraan. 

Sekretaris Perusahaan Wijaya Karya, Mahendra Vijaya mengatakan, perseroan berencana menjalankan kegiatan usaha penyelenggaraan kebandarudaraan termasuk investasi pada Bandara Internasional Hang Nadim Batam dengan masa pengelolaan 25 tahun. 

Baca juga : Ini, Program Kemnaker Yang Sasar Kesejahteraan Pekerja

Menurut dia, WIKA telah memeroleh penunjukan dari Panitia Pengadaan Proyek KPBU Bandara Hang Nadim di bawah BP Batam. Di sana, WIKA akan melaksanakan kegiatan manajemen infrastruktur bandara dan penunjangnya.

“Perseroan bersama dengan PT Angkasa Pura I dan Incheon International Airport Corporation telah membentuk Konsorsium A1-IIAC-WIKA ditetapkan sebagai pemenang pelelangan proyek kerjasama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) Bandar Udara Hang Nadim,” tulis Mahendra dalam keterbukaan informasi, Kamis (29/7). 

Baca juga : Kasus Korupsi Bansos, KPK Garap Pejabat Pemkot Bandung Barat

Mahendra menjelaskan, rencana perseroan menjalankan kegiatan usaha di bidang kebandarudaraan merupakan salah satu upaya pengembangan bisnis. Pasalnya, usaha bandar udara memiliki potensi dan fungsi sebagai akses perhubungan internasional. 

Dengan terus ke bisnis kebandarudaraan, WIKA berharap dapat menambah portofolio proyek strategis. Adapun, manfaat lainnya yang akan diterima WIKA adalah perolehan omset kontrak (OK) konstruksi atas hak right to match, potensi mendapat pendapatan berulang selama masa kerja sama, potensi aset recycling, hingga mendapatkan transfer pengetahuan dalam bisnis aviasi.

Baca juga : Sukses Terapkan Transformasi Bisnis, Pegadaian Diganjar Penghargaan

Untuk menjalankan kegiatan usaha di bidang kebandarudaraan ini, WIKA akan meminta restu dari pemegang saham lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang akan dilaksanakan 2 September 2021 nanti. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.