Dark/Light Mode

Potensi EBT Melimpah, PLN Optimalkan Listrik Ramah Lingkungan Di NTB

Jumat, 30 Juli 2021 19:20 WIB
PLN manfaatkan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di NTB. (Dok. PLN)
PLN manfaatkan pembangkit listrik tenaga mikrohidro (PLTMH) dan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di NTB. (Dok. PLN)

 Sebelumnya 
Dirinya menjelaskan, proses pengembangan EBT ini masih cukup panjang.

PLN terus melakukan beberapa kajian, misalnya terkait kelayakan operasinya, yaitu bagaimana dampak dari pengoperasian EBT tersebut ke sistem kelistrikan yang telah beroperasi saat ini.

Baca juga : Atasi Sampah Plastik, Uni-Charm Kenalkan Produk Ramah Lingkungan

"Pengembangan EBT ini merupakan salah satu wujud program transformasi PLN, yaitu “Green”. Ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk menghadirkan energi bersih di masyarakat”, jelas Agung.

Adapun terkait beban puncak sistem kelistrikan Lombok hingga Rabu, 28 Juli 2021 sebesar 245 MW dengan total daya mampu pembangkit sebesar 284 MW.

Baca juga : Pasien Melonjak, PUPR Siapkan Asrama Haji Donohudan Jadi RS Darurat

Sementara itu, untuk Sumbawa, beban puncak sebesar 105 MW dengan total daya mampu pembangkit sebesar 153 MW.

Terdapat cadangan daya sebesar 39 MW di Lombok dan 48 MW di Sumbawa yang cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik di NTB. [FAZ

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.