Dark/Light Mode

Titah Basuki, Program Sejuta Rumah Tetap Berjalan Dengan Prokes

Senin, 26 Juli 2021 20:17 WIB
Program sejuta rumah tingkatkan perekonomian masyarakat.
Program sejuta rumah tingkatkan perekonomian masyarakat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), menyatakan Program Sejuta Rumah (PSR), tetap berjalan di masa pandemi. 

"Berdasarkan arahan Menteri PUPR,  kami tetap melaksanakan pembangunan rumah melalui PSR dengan mematuhi batasan protokol kesehatan di lapangan," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid saat membuka kegiatan Diskusi 5 Pilar yang mengangkat tema ‘Peluang Pengembangan Kebijakan Penyediaan Tanah Bagi Perumahan Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) melalui daring di Jakarta, Senin (26/7).

Khalawi menerangkan, pihaknya melihat kebutuhan rumah layak huni sangat dibutuhkan oleh masyarakat di masa pandemi. Dari hasil kunjungan kerjanya ke sejumlah daerah juga terlihat bahwa masyarakat tetap melaksanakan pembangunan perumahan.

Baca juga : Pandemi, Program BSPS Untuk MBR Tetap Berjalan

Namun demikian, pihaknya tetap mengingatkan agar masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan serta mengurangi jumlah pekerja di lapangan agar tidak berkerumun.

"Pembangunan infrastruktur dan perumahan yang menggunakan dana APBN tetap berjalan karena hasil pembangunannya benar-benar ditunggu masyarakat. Misalnya Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), yang menargetkan meningkatkan kualitas rumah masyarakat agar lebih layak huni," terangnya.

Lebih lanjut, Khalawi menerangkan, Kementerian PUPR juga memberikan stimulan perumahan agar masyarakat tetap mampu mewujudkan rumah impiannya dan tentunya memiliki struktur bangunan yang kuat dan lingkungan yang sehat. Pembangunan rumah secara tidak langsung juga ikut menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat.

Baca juga : Menpora Ajak Pemuda Hadapi Persaingan Global Dengan Berwirausaha

Adanya gelombang kedua Covid-19, imbuhnya, tentunya berdampak pada pembangunan perumahan yang dilaksanakan oleh masyarakat dan sektor swasta. 

Namun demikian, pihaknya tetap mendorong kolaborasi, inovasi dan kerja sama antar stakeholder perumahan agar properti tetap menunjang perekonomian negara agar tetap terjaga.

Terkait dengan inovasi yang dilaksanakan di masa pandemi, pihaknya juga tetap melakukan sosialisasi kegiatan yang dilakukan secara secara daring atau virtual. 

Baca juga : Program Sejuta Rumah Tetap Berjalan Di Masa Pandemi

Jumlah petugas yang turun ke lapangan untuk mendampingi masyarakat tetap dibatasi agar tidak terpapar Covid-19. "Kami berharap Pemerintah Daerah (Pemda) bisa tetap mendukung Program Sejuta Rumah. Sebab program tersebut juga membantu Pemda dalam mengurangi jumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), di daerah," katanya. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.