Dark/Light Mode

Joss! Pertama Di Indonesia, YIA Raih Sertifikat Gold Greenship Building

Rabu, 4 Agustus 2021 20:19 WIB
Tampilan interior Yogyakarta International Airport. (Ist)
Tampilan interior Yogyakarta International Airport. (Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Internasional Yogyakarta - Kulon Progo (YIA) yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero), berhasil meraih sertifikat “Gold” Greenship dari Green Building Council Indonesia (GBCI).

Raihan ini membuat YIA menjadi yang pertama dan satu-satunya bandara di Indonesia yang dengan sertifikat “Gold” Greenship Building.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, pencapaian ini sekaligus memperkuat misi Angkasa Pura I dalam menghadirkan sarana dan prasarana perhubungan yang berkontribusi positif kepada lingkungan hidup secara berkelanjutan.

Baca juga : Antigen Produksi Indonesia Raih Rekomendasi USFDA

"Kami merasa sangat bangga dengan raihan ini dan berharap YIA dapat menjadi contoh bagi pembangunan bandara dengan konsep hijau dan ramah lingkungan untuk generasi Indonesia dimasa mendatang,” ujar Faik dalam keterangan persnya di Jakarta, Rabu (4/8/2021).

Disebutkan, untuk meraih Sertifikat Gold dari GBCI, YIA telah melalui serangkaian penilaian dan persyaratan hingga layak disebut green building.

Faik menjelaskan, penilaian ini berdasarkan pada aspek-aspek seperti efisiensi dan penghematan energi (efficiency and conservation ), penghematan air (water conservation), pengembangan lokasi gedung (appropriate site development). 

Baca juga : Sejumlah Negara Larang Penerbangan Dari Indonesia, Ini Kata Kemenhub

Selain itu, siklus dan sumber daya material (material resource and cycle), kenyamanan dan kesehatan gedung (indoor health comfort), dan pengelolaan lingkungan gedung (building environmental management).

Proses penilaian dilakukan selama lebih kurang 22 bulan sejak proses pernyataan minat pada 20 Februari 2019, proses workshop pada 11 Desember 2019, proses verifikasi lapangan (remote on site verification) pada 24-26 Oktober 2020.

"Serta proses sidang final assessment pada 17 Desember 2020 yang dilaksanakan secara virtual bersama Greenship Professional dan Green Team dari GBCI," imbuhnya.

Baca juga : Danone-AQUA Kembali Raih Sertifikasi B Corp

Dalam kegiatan operasionalnya, Faik menerangkan, YIA didukung berbagai perangkat utilitas yang mendukung konsep ramah lingkungan seperti penggunaan lampu LED, elevator, lift dan travelator yang menggunakan fitur sleep mode, sanitair dengan fitur dual flush and auto faucet.

Serta penggunaan kaca bangunan Sunergy Green yang mampu merefleksikan sinar matahari dengan baik dan mendukung efisiensi penggunaan pendingin ruangan di dalam area terminal.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.