Dark/Light Mode

Joss! Pertama Di Indonesia, YIA Raih Sertifikat Gold Greenship Building

Rabu, 4 Agustus 2021 20:19 WIB
Tampilan interior Yogyakarta International Airport. (Ist)
Tampilan interior Yogyakarta International Airport. (Ist)

 Sebelumnya 
YIA juga didukung dengan fasilitas stormwater management kawasan di mana berfungsi untuk menangkap, mengumpulkan, mengolah, meresapkan air limpasan hujan untuk digunakan sebagai sumber air alternatif yang mendukung keperluan operasional bandara.

Atas berbagai upaya ini lanjut Faik, YIA telah berhasil mencapai penghematan penggunaan listrik hingga 25,15 persen atau 119,21 kWh/m2/tahun, penghematan air hingga 53,01 persen atau 16,68 liter/orang/hari dan didukung oleh area hijau hingga 19.84 persen atau 26.589,3 meter persegi.

Baca juga : Antigen Produksi Indonesia Raih Rekomendasi USFDA

Menurutnya, ini setara dengan penghematan biaya listrik sebesar Rp 16,8 miliar per tahun dengan asumsi biaya listrik Rp 1.065,78/kWh, penghematan biaya air sebesar Rp 6,46 miliar per tahun dengan asumsi biaya air PDAM Rp 15.000 per meter kubik.

"Dan, mampu mengurangi emisi karbon hingga 14.093 ton per tahun,” jelas Faik Fahmi.

Baca juga : Sejumlah Negara Larang Penerbangan Dari Indonesia, Ini Kata Kemenhub

Selain memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungan hidup, YIA dirancang dengan arsitektur bergaya modern.

Namun secara eksterior dan interior tegas Faik, tetap menggambarkan budaya Yogyakarta, baik itu melalui instalasi karya seni (artwork) yang melibatkan berbagai seniman lokal Yogyakarta, serta beragam area yang telah didesain secara khusus untuk menjadi etalase Yogyakarta, Kulon Progo, dan sekitarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.