Dark/Light Mode

Kemensos Respon Cepat Kasus Anak Ditinggal Orangtua Karena Covid

Rabu, 4 Agustus 2021 21:33 WIB
Vino (tengah) anak yatim piatu yang ditinggal orangtuanya meninggal karena Covid di Kutai, Balikpapan. (Foto: Dok. Kemensos)
Vino (tengah) anak yatim piatu yang ditinggal orangtuanya meninggal karena Covid di Kutai, Balikpapan. (Foto: Dok. Kemensos)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Sosial memberikan atensi luas dalam penanganan dampak pandemi Covid-19. Tidak hanya dengan meluncurkan program bantuan sosial untuk kelompok miskin.

Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta jajarannya memberikan perhatian kepada kelompok rentan, termasuk anak di masa pandemi, terlebih beberapa kasus keterpisahan anak, baik karena orangtua isolasi mandiri, dan dirawat karena terpapar covid-19, atau orangtua meninggal.

Baca juga : Kemenag Realokasi Rp 2 Triliun Untuk Penanganan Covid-19

Risma meminta pengasuhan anak ketika orangtua terpapar Covid atau meninggal dunia menjadi perhatian jajaran Kemensos, dan harapkan semua unsur dapat berperan.

Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Eka Kanya Santi memaparkan, Kemensos sudah menyusun protokol pengasuhan anak terdampak Covid-19 yang bekerja sama dengan lembaga lain maupun pemda.

Baca juga : Diungkap BCA, Transaksi Via ATM Kian Ditinggal Pengguna

“Intinya kita hendak memastikan ketika ada orangtua dirawat di RS, maka RS bertanya apakah ada anak di rumah dan siapa yang mengasuh, untuk kemudian dilaporkan ke dinsos dan diurus,” kata Kanya di Jakarta, Rabu (4/8).

Terbaru, Kemensos juga memberikan perhatian kepada Vino (10) yang menjadi yatim piatu karena ibu dan bapaknya meninggal terpapar Covid-19. Hidup sebatang kara, Vino dijemput Mbah Yatin atau biasa dipanggil Kakung oleh Vino, yakni kakek Vino dari keluarga almarhumah ibunya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.