Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kuartal II Moncer, Ekonomi RI Sudah Di Jalur Yang Benar

Kamis, 5 Agustus 2021 15:21 WIB
Kegiatan ekspor impor. (Foto: ist)
Kegiatan ekspor impor. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Analis dari Investment Information Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta mengatakan, pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 sebesar 7,07 persen sudah diproyeksikan

Menurut pertumbuhan ini ditopang oleh membaiknya kinerja inflasi yang terkendali, indeks keyakinan konsumen yang di zona positif, juga penjualan ritel juga menunjukan catatan yang positif.

Berita Terkait : Ya Tuhan, Aku Mohon Sudahi Pandemi Ini

"Serta kepercayaan investor yang tumbuh ditandai dengan kenaikan penanaman modal asing (FDI) di kuartal II-2021," imbuh Nafan dalam keterangannya, Kamis (5/8).

Ia merinci, tandanya kinerja pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah di jalur yang benar. Pencapaian 7,07 persen ini juga sudah membentuk kurva V. Artinya memang menunjukkan kenaikan setelah di kuartal yang sama tahun lalu minus.

Berita Terkait : Kapoldanya Kenal Akidi Tio, Polda Sumsel Ogah Dibilang Kena Prank

Sedangkan keberlangsungan pertumbuhan ekonomi ini di kuartal III-2021 nanti akan sangat ditentukan oleh komitmen pemerintah dalam menjaga stabilitas fundamental domestik yang berkesinambungan, dengan kebijakan pengendalian penularan Covid-19 yang efektif serta percepatan vaksinasi.

"Ini bisa menjaga kinerja pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk tetap optimis. Kami masih harus melakukan kalkulasi kembali untuk proyeksi ke depan," imbuh Nafan.

Berita Terkait : Kata KPK, Interpol Sudah Terbitkan Red Notice Harun Masiku

Meski ada berbagai varian muncul, ke depannya kondisi Covid-19 diharapkan sedikit lebih terkendali karena adanya vaksin, dan mulai pulihnya ekonomi global. Sehingga meningkatkan aktivitas ekspor impor Indonesia. [DWI]