Dark/Light Mode

Raih The 2021 Covid-19 Airport Excellence Awards

Bandara Soekarno-Hatta Punya Protokol Kesehatan Terbaik Di Dunia

Selasa, 10 Agustus 2021 22:11 WIB
Petugas protokol kesehatan di Terminal III Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Dok. AP II)
Petugas protokol kesehatan di Terminal III Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: Dok. AP II)

 Sebelumnya 
1. Biosecurity Management System
Bandara Soekarno-Hatta memperkuat protokol kesehatan dengan Biosecurity Management System melalui penerapan program guna memastikan physical distancing (jaga jarak), health screening (pemeriksaan kesehatan), passenger touchless processing (layanan tanpa sentuh), facility cleanliness (kebersihan fasilitas) dan people protection (penggunaan APD, hand sanitizer, dan sebagainya). 

Guna memperkuat Biosecurity Management, Bandara Soekarno-Hatta kini mewajibkan calon penumpang pesawat menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memproses keberangkatan penerbangan. Dengan PeduliLindungi, pemeriksaan dokumen kesehatan (kartu vaksinasi dan surat tes Covid-19) dilakukan secara digital, penumpang cukup menunjukkan akun QR code di akun PeduliLindungi ke QR scanner di bandara. 

Baca juga : Selamat, Staf Frontliner Bandara Soekarno-Hatta Jadi Yang Terbaik Di Dunia

2. Biosafety Management System
Biosafety Management System dilakukan dengan sejumlah program untuk memperkuat biohazard precautions (pencegahan dan perlindungan dari virus), environment screening (menjaga lingkungan tetap bersih), infrastructure sterilization (sterilisasi berkala di setiap sudut), dan public health assurance (fokus pada aspek kesehatan publik). Implementasi Biosafety Management di antaranya melalui program Safety from Hazard Intervention and Ensuring Less of Disease (Shield), yang juga menugaskan personel Shield Inspector guna memastikan program berjalan sesuai standar. 

3. Airport Health Center
Bandara Soekarno-Hatta membuka Airport Health Center selama 24 jam di Terminal 2 dan Terminal 3 sebagai lokasi bagi penumpang pesawat melakukan tes Covid-19. Hal ini sebagai upaya mendukung regulasi serta menjaga bandara dan penerbangan aman dari Covid-19. 

Baca juga : Mantap, Peringkat Soekarno-Hatta Naik Lagi Di Daftar Bandara Terbaik Dunia

4. Sentra Vaksinasi
Bandara Soekarno-Hatta didukung penuh pemerintah dan berbagai institusi dalam membuka sentra vaksinasi bagi calon penumpang dan masyarakat umum. Pada 3 Juli-8 Agustus, tercatat jumlah calon penumpang pesawat yang menjalani vaksinasi di sentra vaksinasi Bandara Soekarno-Hatta sudah mencapai sekitar 40.000 orang calon penumpang pesawat. 

5. Workforce Protection
AP II juga menjalankan program workforce protection untuk melindungi personel atau di Bandara Soekarno-Hatta. Implementasi dari workforce protection adalah penyesuaian pola operasional, kewajiban personel menggunakan APD, melakukan tracing dan tracking secara dengan aplikasi iPerform, melakukan tes Covid-19 dan penyesuaian pelayanan semisal dengan menghadirkan video customer assistant (VICA).

Baca juga : Bandara Soekarno-Hatta Terapkan Validasi Dokumen Kesehatan Digital

“Program-program ini menjadi standar baru Bandara Soekarno-Hatta sebagai upaya melindungi penumpang pesawat, pengunjung bandara dan pekerja selama di tengah pandemi COVID-19,” ujar Muhammad Awaluddin. Melalui program-program, AP II berharap Bandara Soekarno-Hatta dapat mendukung sektor penerbangan tetap berkontribusi dalam penanganan Covid-19 dan program pemulihan ekonomi nasional. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.