Dark/Light Mode

Liburan Akhir Tahun, Sleman Pantau Objek Wisata Patuhi Protokol Kesehatan

Jumat, 25 Desember 2020 11:59 WIB
Ilustrasi tempat wisata Monumen Prasejarah Ala Sleman di Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi tempat wisata Monumen Prasejarah Ala Sleman di Jawa Tengah. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memantau kepatuhan objek wisata terhadap surat edaran (SE) bupati, yang menginstruksikan agar tidak menyelenggarakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan pada liburan akhir tahun ini.

"Kegiatan monitoring kami lakukan di destinasi dan jasa wisata," kata Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Sleman Aris Herbandang di Sleman, DIY, Jumat (25/12).

Baca juga : Libur Akhir Tahun, BNI Operasikan Hingga 201 Outlet

Ia mengatakan dalam SE No 440/02875 tentang Penyesuaian Kegiatan dalam Pencegahan Penyebaran Covid-19 selama Libur Cuti Bersama Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021 tersebut kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan tidak diperbolehkan.

"Lewat monitoring ini, kami ingin memastikan masyarakat dan pelaku pariwisata disiplin dalam penerapan protokol kesehatan dan memastikan jam operasional untuk kafe, restoran, dan tempat hiburan sampai pukul 22.00 WIB ditaati," katanya.

Baca juga : Tak Mau Corona Makin Edan, Satgas Covid Minta Warga Perketat Protokol Kesehatan

Ia mengatakan, sejak awal pekan lalu pihaknya telah melakukan monitoring kesiapan sarana dan prasarana destinasi dan usaha jasa pariwisata (UJP) dalam pelaksanaan SOP Covid.

"Dinas Pariwisata Sleman maupun Satgas Covid-19 Kabupaten Sleman dan juga OPD terkait melakukan monitoring atas konsistensi penerapan SOP baik pada destinasi maupun UJP secara acak baik waktu maupun lokasinya," katanya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.