Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Anak Usaha Bakal Raup Untung

Telkom Girang Kredivo Bakal Melantai Di Bursa

Rabu, 11 Agustus 2021 07:45 WIB
Kredivo merupakan platform pembayaran keuangan digital berbasis kredit di bawah naungan MDI Ventures. (Foto : Dok. Humas Telkom).
Kredivo merupakan platform pembayaran keuangan digital berbasis kredit di bawah naungan MDI Ventures. (Foto : Dok. Humas Telkom).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia (Perse­ro) Tbk atau Telkom memas­tikan Kredivo, yakni platform digital berbasis kredit, segera melantai di bursa.

Rencana besar Kredivo tersebut akan diawali dengan langkah merger dengan anak perusahaan Victory Park Capi­tal (VPC), yang merupakan perusahaan global investment berkantor pusat di Chicago, Amerika Serikat (AS).

Sebagai informasi, anak usaha Telkom, yakni MDI Ventures, melakukan pen­danaan pada Kredivo sejak 2018. Dan, dilanjutkan dengan pendanaan kedua pada tahun berikutnya bersama Telkomsel Mitra Inovasi (TMI).

Baca juga : Investasi Bisnis Digital Telkom Ke Kredivo Makin Positif Di Tengan Pandemi

Nilai investasi saat itu seki­tar 8 persen dari total penda­naan putaran pertama yang dilakukan MDI Ventures. Setelah Kredivo menjadi peru­sahaan publik, nilai investasi MDI Ventures di Kredivo di­perkirakan akan menghasilkan capital gain yang signifikan.

Direktur Strategic Portfo­lio Telkom Budi Setyawan Wijaya mengatakan, Telkom­Group menyambut baik ren­cana besar yang dicanangkan Kredivo, untuk menjadi peru­sahaan publik.

“Ini merupakan buah manis dari strategi dan komitmen in­vestasi Telkom di bisnis digital yang dijalankan melalui MDI Ventures dan Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), sudah on the track,” kata Budi dalam keterangan resminya, kemarin.

Baca juga : Pengusaha Ngarep Pertumbuhan Ekonomi Yang Berkualitas

Menurut Budi, dengan nilai ekuitas yang diprediksi akan mencapai 2,5 miliar dolar AS (setara Rp 35 triliun), maka Kredivo memasuki era baru sebagai unicorn.

Selain itu, sambung dia, investasi ini tidak hanya ber­potensi meraih capital gain. Tetapi juga menjadi sinergi value dengan startup yang menjadi mitra anak usaha Tel­kom, MDI Ventures. Terutama dalam mendukung pengem­bangan bisnis digital Telkom.

“Salah satu sinergi value yang sudah terimplemen­tasi antara TelkomGroup dan Kredivo adalah pemanfaatan big data Telkomsel dalam melakukan skoring kredit,” beber Budi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.