Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Anak Muda Hebat dan Penghargaan Internasional (2)

Batik SukkhaCitha, Membuat Bahagia dan Ramah Lingkungan

Rabu, 11 Agustus 2021 17:01 WIB
Denica Flesch (paling kiri bercelana panjang putih), bersama pengrajin dari Desa Jlamprang, Wonosobo, Jateng, binaan SukkhaCitta (Foto: Dok BBG)
Denica Flesch (paling kiri bercelana panjang putih), bersama pengrajin dari Desa Jlamprang, Wonosobo, Jateng, binaan SukkhaCitta (Foto: Dok BBG)

RM.id  Rakyat Merdeka - Denica Flesch, bukan anak muda biasa. Dia hebat dan langka. Rela meninggalkan pekerjaannya di World Bank dan memilih blusukan ke desa-desa di pelosok Jawa Tengah, dengan tujuan mulia. Mendidik pengrajin batik dengan standar ramah lingkungan, memasarkan produk dengan brand SukkhaCitta hingga akhirnya, tiga tahun kemudian, bisa meningkatkan taraf ekonomi mereka.

Batik yang dikerjakannya tergolong istimewa. Pewarnaan menggunakan pasta dari tumbuhan. Jenis indigo, warnanya khas, biru gelap keunguan. Karena sifatnya alami, maka pewarna ini tidak akan mencemari lingkungan.

Baca juga : Magic Box Sampangan, Ubah Sampah Jadi Zero-Waste

Luar biasa. Tak heran, anak muda yang lulus Cum Laude dari University Erasmus, Rotterdam ini menjadi finalis SEED Award 2021, sebuah penghargaan internasional, di bidang kewirausahaan dalam pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan ini bagian dari kemitraan global yang dibentuk United Nations Environment Programme (UNEP), United Nations Development Programme (UNDP), dan International Union for Conservation of Nature (IUCN).

Baca juga : QNET Menangkan Berbagai Penghargaan Internasional

SEED melakukan identifikasi dan mempromosikan perusahaan ramah lingkungan di negara berkembang, serta memberi kesempatan pada pelaku usaha untuk meningkatkan skala bisnis mereka melalui hibah, saran strategis, akses ke investor dan profil global.

Meski tak menjadi pemenang di SEED, tapi apa yang dikerjakannya telah menorehkan catatan bersejarah di hidupnya. Tahun 2019, nama Denica Flesch masuk dalam 30 Under 30 Forbes Asia, pada katagori Social Entreupreuners.

Baca juga : Geber Promo Produk Ramah Lingkungan

Dua tahun sebelumnya, masuk katagori 40 Under 40 Millenials with Impact in Indonesia versi MarkPlus Institute. Dan tahun lalu, SukkhaCitta dipilih sebagai finalis wilayah Asia Pasifik pada penghargaan World Changing Ideas Awards yang diselenggarakan Fast Company.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.