Dark/Light Mode

IHC Alih Fungsi Asrama Haji Jadi RS Covid

Erick: Bukti BUMN Hadir Saat Pandemi

Kamis, 12 Agustus 2021 07:10 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menag Yaqut Cholil Qoumas meninjau Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Asrama Haji Rajabasa Bandar Lampung, Ahad (8/8). (Foto : Diskominfotik Lampung).
Menteri BUMN Erick Thohir dan Menag Yaqut Cholil Qoumas meninjau Rumah Sakit Darurat Covid-19 di Asrama Haji Rajabasa Bandar Lampung, Ahad (8/8). (Foto : Diskominfotik Lampung).

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), melalui Perta­medika Indonesia Health­care Corporation (IHC), bersinergi dengan Kemen­terian Agama dalam pengalihan fungsi Asrama Haji menjadi Rumah Sakit (RS) Ekstensi Rujukan Covid-19.

Menteri BUMN Erick Thohir memuji kerja sama itu. Hal itu, menurutnya, membuat semakin banyak fasilitas dan program penanganan pasien Covid-19 bergejala sedang hingga kritis.

“Saya apresiasi gerak cepat yang dilakukan pe­rusahaan BUMN. Terutama atas kebutuhan tempat tidur bagi pasien Covid-19 dengan kondisi berat yang dihadapi banyak daerah,” ujar Erick dalam keterangan resminya, Selasa (10/8).

Baca juga : Erick: Ini Bukti Kolaborasi Dan Komitmen Solid Tekan Pandemi

Ditambah lagi, lanjut Erick, sekarang ada RS ekstensi kedua yang dibangun Pertamedika IHC di Asrama Haji.

Erick mengucapkan terima kasih kepada Menteri Agama Gus Yaqut, atas kolaborasi dan komitmen solid untuk bersama me­merangi pandemi, dengan memaksimalkan kemam­puan yang sama-sama dimiliki.

Selain Asrama Haji Pondok Gede, IHC juga memfungsikan Asrama Haji Lampung, baru-baru ini. Namanya menjadi RS Bintang Amin Lampung. Sebelumnya telah berdiri RS Pertamina Jaya, RSPP Ekstensi Simprug, RSPJ Ekstensi Asrama Haji dan RS Modular Pertamina Tanjung Duren. Seluruh RS ini didukung penuh oleh PT Pertamina (Persero).

Baca juga : DPR Ingatkan, Pemerintah Tak Bisa Sendirian Atasi Pandemi

“Ini menandakan bahwa negara hadir untuk melayani rakyatnya,” kata Erick.

Menurut Erick, penanga­nan Covid-19 di luar Pulau Jawa seperti di Sumatera, khususnya Lampung, perlu mendapat perhatian meng­ingat peningkatan pasien Covid-19 terus terjadi, diiringi dengan daya tam­pung rumah sakit yang telah melebihi kapasitas.

Menurut Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, dukungan yang diberikan terhadap RSPJ Ekstensi ini, merupakan bukti bakti Pertamina terhadap negara. Khususnya dalam mem­bantu menyediakan fasili­tas layanan kesehatan Co­vid-19 kepada masyarakat.

Baca juga : DPR Apresiasi Alih Fungsi Asrama Haji Jadi RS Darurat Covid

“Pertamina, menjalankan fungsi services ori­ented yang ditekankan Kementerian BUMN. Tu­juannya, agar perusahaan BUMN yang menyangkut harkat hidup orang banyak, juga memberikan layanan kepada rakyat, yang lang­sung dirasakan di tengah situasi kritis seperti ini,” ungkap Nicke. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.