Dark/Light Mode

Stabil, Cadang Devisa April 2019 Sebesar 124,3 Dolar AS

Rabu, 8 Mei 2019 10:55 WIB
Ilustrasi devisa (Foto: Anadolu Agency)
Ilustrasi devisa (Foto: Anadolu Agency)

RM.id  Rakyat Merdeka - Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir April 2019 sebesar 124,3 miliar dolar AS. Angka ini relatif stabil dibandingkan dengan posisi pada akhir Maret 2019 sebesar 124,5 miliar dolar AS. 

"Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 7,0 bulan impor atau 6,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor," Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia Onny Widjanarko seperti dimuat bi.go.id, Rabu (8/5).

Baca juga : MPR Canangkan April Sebagai Bulan NKRI

Bank Indonesia, kata Onny, menilai bahwa cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makro ekonomi dan sistem keuangan.

"Posisi cadangan devisa pada April 2019 dipengaruhi oleh penerimaan devisa migas, penerimaan valas lainnya, dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah," tuturnya.

Baca juga : Uang Yang Disita KPK Dari Ruang Menag, Rp 180 Juta dan 30 Ribu Dolar AS

Ke depan, tambah Onny, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai. Hal ini didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.