Dark/Light Mode

Mantap, MRT Makin Terintegrasi Dengan Transjakarta

Minggu, 24 Maret 2019 09:06 WIB
Halte Transjakarta Lebak Bulus berada persis di samping Dipo Lebak Bulus yang menjadi ujung operasional MRT. Halte ini dilewati bus Koridor 8 Lebak Bulus-Harmoni. Selain itu ada pula bus yang mengarah ke Senen, Ciputat, dan Kampung Rambutan. (Foto: Firsty Hestyarini/Rakyat Merdeka)
Halte Transjakarta Lebak Bulus berada persis di samping Dipo Lebak Bulus yang menjadi ujung operasional MRT. Halte ini dilewati bus Koridor 8 Lebak Bulus-Harmoni. Selain itu ada pula bus yang mengarah ke Senen, Ciputat, dan Kampung Rambutan. (Foto: Firsty Hestyarini/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Direktur Utama Transjakarta Agung Wicaksono mengatakan, pihaknya terus mengintensifkan integrasi Bus Transjakarta dan transportasi massal Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

Hal ini dilakukan agar masyarakat semakin mudah dan nyaman mengakses transportasi publik. Sehingga diharapkan, secara perlahan, masyarakat menjadikan transportasi publik sebagai bagian dari budaya.

Sejak Jumat (22/3), Transjakarta menyediakan rute layanan BSD - Bundaran Senayan (S12), Bintaro-Blok M (S31), Pondok Cabe-Tanah Abang (S41), Jatijajar-Lebak Bulus (D21) dan Cinere-Kuningan (D31).

Baca juga : Jenazah WNA Malaysia Berhasil Dievakuasi

"Rute-rute baru ini terintegrasi dengan MRT Jakarta baik itu Stasiun Sisingamangaraja maupun Stasiun Lebak Bulus. Transportasi umum ini akan memudahkan mobilitas masyarakat," kata Agung di Jakarta Pusat, Jumat (22/3).

Untuk rute Bintaro-Blok M (S31), BSD-Bundaran Senayan (S12), Cinere-Kuningan (D31), menggunakan layanan premium, Transjakarta mengoperasikan bus premium Royaltrans yang berkapasitas 30 tempat duduk.

Sedangkan bus Metrotrans dengan tarif reguler, dioperasikan untuk rute Pondok Cabe-Tanah Abang (S41) dan Jatijajar-Lebak Bulus (D21). Bus Metrotrans memiliki kapasitas memiliki kapasitas 68 orang, dengan 41 tempat duduk.

Baca juga : Akan Ada Tersangka Baru Kasus Pengaturan Skor Sepakbola

"Kelima rute ini melayani masyarakat mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB," kata Agung.

Ada 4 Halte Transjakarta yang dirancang terintegrasi dengan MRT. Yakni Lebak Bulus, Sisingamangaraja, Dukuh Atas, dan Bundaran HI.

Untuk memudahkan masyarakat mengakses MRT, Transjakarta juga sudah memiliki layanan integrasi dengan program angkutan mikro, Jak Lingko.

Baca juga : Kecolongan, Selandia Mau Reformasi UU Senjata

Rutenya meliputi Lebak Bulus-Pondok Labu (JAK3), Petukangan-Lebak Bulus (JAK32) dan Ragunan-Lebak Bulus (JAK45). Serta rute Dukuh Atas - Sam Ratulangi (DA1), Dukuh Atas - Tanah Abang (DA2), Dukuh Atas - Kuningan (DA3), dan Dukuh Atas - Kota (DA4). [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.