Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Angkasa Pura I Dukung Persiapan Dan Uji Coba Kereta Bandara YIA

Minggu, 15 Agustus 2021 13:20 WIB
Angkasa Pura I Dukung Persiapan Dan Uji Coba Kereta Bandara YIA

 Sebelumnya 
Saat ini, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan tengah fokus melakukan pengujian KA Bandara YIA. Sesuai UU Nomor 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian. 

Sebelum dioperasikan, harus dilakukan pengujian, baik sarana maupun prasarana. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa apa yang sudah dibangun dan apa yang akan dioperasikan telah memenuhi standar tertentu, sehingga laik dan layak operasi agar keselamatan perkeretaapian bisa terjamin.

Pengujian sarana terbatas atau tanpa penumpang pada jalur ganda telah dilakukan sejak tanggal 19 Juli 2021 lalu, pada jalur hilir dengan mengoperasikan KRDE, rangkaian KLB Balas, dan juga uji coba lokomotif diesel, serta pengujian fasilitas operasional, dan safety assessment.

“Selanjutnya akan ada 3 tahap yang akan dilaksanakan setelah proses pengujian selesai,” jelas Faik Fahmi.

Baca juga : Ternyata Prajurit Yang Pamer Otot Dengan US Army Bukan Jenderal Andika

Tiga tahap yang akan dilaksanakan setelah proses pengujian selesai untuk KA Bandara YIA, yaitu:

1. Tahap Commissioning, yang direncanakan pada tanggal 17 hingga 31 Agustus 2021. Tahap ini dilakukan dengan skema Perjalanan Luar Biasa (PLB) KRDE tanpa penumpang, atau penumpang tertentu untuk keperluan teknis. Tujuan tahap ini adalah untuk setting parameter, integrasi sistem memastikan kesiapan prasarana dan sarana yang digunakan;

2. Tahap Trial and Run, yang dilakukan PLB KRDE dengan penumpang terbatas atau undangan. Jadwal pengoperasian KA pada tahap ini disesuaikan dengan jadwal penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta.

Tujuan tahap ini adalah untuk sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat, terkait pola operasi, misalnya jam keberangkatan; stasiun pemberhentian; ticketing system; dan pelayanan lainnya serta persiapan akhir menuju waktu pengoperasian secara komersial;

Baca juga : Raja Mangkunegara IX Dimakamkan Dengan Adat Mataram

3. Tahap Operasional Komersial/Pelayanan, yaitu KA Bandara beroperasi melayani masyarakat dengan berbayar.

Untuk mendukung keberadaan KA Bandara YIA, Angkasa Pura I membangun peron Stasiun KA Bandara seluas 4.000 meter persegi dengan kapasitas 200 orang, yang hingga saat ini progress pengerjaannya telah mencapai hampir 100 persen.

KA Bandara YIA nantinya akan berhenti di tiga stasiun pelayanan, yaitu Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Wates, dan Stasiun KA Bandara YIA.

Hadirnya layanan kereta api YIA nantinya akan makin melengkapi pilihan moda transportasi lanjutan yang kini telah ada di YIA seperti shuttle bus, taksi bandara, bus DAMRI, dan lainnya.

Baca juga : Masih Diuji Coba, Kereta Bandara YIA Belum Bisa Operasi

Kehadiran kereta api YIA juga dapat menjadikan YIA sebagai bandara yang mengakomodasi kebutuhan konektivitas tidak hanya di wilayah Yogyakarta. Namun juga hingga ke wilayah Jawa Tengah mencakup Cilacap, Purwokerto, Kebumen, dan Banjarnegara.

Faik berharap, hadirnya KA Bandara YIA nantinya dapat memberikan kemudahan kepada pengguna jasa bandara, setidaknya ada alternatif jarak tempuh, waktu, dan jenis moda transportasi.

"Komitmen untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jasa bandara akan terus diwujudkan, sehingga pengguna jasa dapat melakukan perjalanan udara dengan nyaman, aman, dan sehat,” ujar Faik Fahmi. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.