Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Layanan Peti Kemas Pelindo I Meningkat

Senin, 16 Agustus 2021 07:26 WIB
Kuala Tanjung Multipurpose Terminal. (Foto : Dok. Pelindo 1).
Kuala Tanjung Multipurpose Terminal. (Foto : Dok. Pelindo 1).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pelabuhan Indonesia (Per­sero) atau Pelindo I mencatat­kan kinerja positif di sepanjang semester I tahun ini. Khusus­nya pada aktivitas bongkar muat peti kemas, baik domes­tik maupun internasional.

Direktur Utama Pelindo I Prasetyo mengatakan, bong­kar muat peti kemas tercatat sebanyak 717.030 TEUs (Twenty Foot Equivalent Unit) sepanjang Semester I-2021. Atau tumbuh 10,79 persen dibandingkan capaian periode sama tahun sebelumnya sebe­sar 647.172 TEUs.

Rinciannya, arus peti kemas internasional tercatat men­capai 291.016 TEUs, naik 3,18 persen dari capaian peri­ode sama tahun lalu sebesar 282.039 TEUs. Sedangkan, arus peti kemas domestik sebanyak 426.014 TEUs, naik 16,67 persen dibandingkan periode sama tahun lalu sebe­sar 365.133 TEUs.

Baca juga : Pelanggan PLTS Melonjak

“Di tengah pandemi Co­vid-19 yang belum usai, kami masih mencatatkan kinerja positif. Seperti di arus peti kemas, karena didorong dis­tribusi logistik di terminal-terminal peti kemas milik perusahaan,” ujar Prasetyo melalui siaran pers, kemarin.

Menurut Prasetyo, sejalan dengan pertumbuhan arus peti kemas yang meningkat, arus kapal dan barang di pelabuhan-pelabuhan milik Pelindo I juga menunjukkan pertumbuhan positif. Seperti kunjungan ka­pal, yang sepanjang Semester I-2021 sebanyak 29.392 call, tumbuh 7,25 persen dari capa­ian di periode yang sama tahun 2020 sebanyak 27.404 call.

Hal ini dikarenakan per­seroan melayani kunjungan kapal dengan total volume angkutan sebesar 105.593.658 Gross Tonnage (GT), naik 36,41 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar 77.406.756.

Baca juga : Manfaatkan Pembayaran Digital ShopeePay, Usaha Ayam Tulang Lunak danJNE Ikut Meningkat

Selain itu, arus barang men­capai 10.572.958 ton, meningkat 13,38 persen dari arus barang di Semester I-2020 sebesar 9.325.105 Ton.

“Hal ini juga disebabkan kenaikan jumlah barang ekspor-impor dan bongkar muat barang antar pulau di sejumlah pelabuhan Pelindo I,” jelasnya.

Arus barang tersebut memuat barang ekspor sejumlah komoditas. Seperti cangkang di Pekanbaru, Crude Palm Oil (CPO) di Lhokseumawe, karet di Belawan, serta Palm Kernel Expeller (PKE) di Dumai dan Belawan.

Baca juga : BI Optimistis Pemulihan Ekonomi Semakin Kuat

Sedangkan jumlah barang impor di Cabang Belawan juga mengalami peningkatan, seperti komoditas metal coil, gula pasir, equipment mate­rial, dan pupuk.

Begitu juga dengan bongkar muat antar pulau yang mengalami peningkatan seperti peningkatan komoditas aspal curah di Lhokseumawe. Yak­ni, batubara, kayu, dan CPO turunannya di Belawan, serta batu granit di Tembilahan.

Prasetyo menjelaskan, sebagian besar pelabuhan-pelabuhan Pelindo I menghadap langsung ke Selat Malaka. “Se­hingga menjadi keunggulan tersendiri bagi Pelindo I,” pung­kasnya. [IMA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.