Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

PNM Fokus Beri Pendampingan-Pelatihan UMKM Agar Naik Kelas

Senin, 16 Agustus 2021 20:29 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir didampingi oleh Direktur Utama PNM Arief Mulyadi serta Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM Sunar Basuki mengunjungi Kampung Nambangan, Kecamatan Kenjeran, Jawa Timur pada Minggu (15/8). (Foto: ist)
Menteri BUMN Erick Thohir didampingi oleh Direktur Utama PNM Arief Mulyadi serta Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM Sunar Basuki mengunjungi Kampung Nambangan, Kecamatan Kenjeran, Jawa Timur pada Minggu (15/8). (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM mengaku terus fokus memberdayakan segmen UMKM. Terutama dengan berbagai upaya pendampingan dalam bentuk pelatihan usaha yang secara kontinu diberikan.

Salah satunya diwujudkan dalam kunjungan Menteri BUMN Erick Thohir didampingi oleh Direktur Utama PNM Arief Mulyadi serta Direktur Kelembagaan dan Perencanaan PNM Sunar Basuki di Kampung Nambangan, Kecamatan Kenjeran, Jawa Timur pada Minggu (15/8).  

Di kesempatan tersebut Erick meyakinkan, ibu-ibu nasabah agar tidak ragu dengan pinjaman produktif guna memulai dan mengembangkan usaha. Karena tentu akan didampingi dengan pelatihan agar dapat naik kelas. "Pemerintah melalui BUMN hadir untuk memastikan keseimbangan ekonomi," imbuh Erick dalam keterangan resminya, Senin (16/8).

Baca juga : Pemberdayaan Perempuan Tingkatkan Kualitas Kesejahteraan Keluarga

Saat berdialog dengan nasabah PNM Mekaar, Menteri Erick juga menitipkan pesan agar pinjaman digunakan untuk mengembangkan usaha, dan bukan untuk membeli barang-barang konsumtif. Selain itu disiplin dan kerja dengan ikhlas menjadi kunci kemajuan usaha jelasnya. 

Erick dan Direksi PNM juga meninjau pelatihan pembuatan makanan olahan laut oleh nasabah PNM Mekaar.  PNM terus meningkatkan literasi digital bagi para nasabah. Salah satu upaya yang dilakukan dengan memfasilitasi nasabah memasuki akses pasar yang lebih luas melalui pemasaran produk pada marketplace Pasar Digital UMKM (PaDi UMKM). 

"PaDi UMKM hadir sebagai akses pasar bagi usaha mikro, kecil, dan menengah untuk masuk ke pengadaan barang dan jasa pemerintah maupun BUMN," terang Erick. 

Baca juga : Kartu Fisik Distop, Begini Cara Mendapatkan Kartu Nikah Digital

Direktur Utama PNM Arief Mulyadi melaporkan jumlah nasabah PNM yang sudah tergabung dalam platform PaDi UMKM. Sebanyak 1.527 nasabah binaan PNM sudah masuk dan terintegrasi pada sistem PaDi UMKM.

Di akhir kunjungan, Menteri BUMN Erick Thohir meninjau Sosialisasi Pertemuan Kelompok Mingguan atau PKM Mobile. PKM Mobile merupakan salah satu upaya PNM dalam memperkuat digitalisasi proses bisnis terutama di masa pandemi Covid-19.

Sebagai informasi per 3 Agustus 2021, jumlah nasabah PNM Mekaar di provinsi Jawa Timur sebanyak 2,03 juta dengan total penyaluran pembiayaan Rp 17,17 trilliun. Dilayani oleh 10.113 pendamping nasabah, PNM Mekaar hadir di 600 kantor cabang di provinsi tersebut. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.