Dark/Light Mode

Pengusaha Logistik Dukung Kemendag Cetak Surplus Perdagangan

Rabu, 18 Agustus 2021 12:35 WIB
Ketua Umum DPP ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum DPP ALFI Yukki Nugrahawan Hanafi. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Kemudian, kata Yukki, upaya pemerataan ekonomi secara nasional khususnya di Indonesia Timur juga menjadi hal penting. Karena, setiap ada pergerakan ekonomi di suatu wilayah akan memberikan kesempatan kepada pelaku logistik nasional.

Ia melihat optimisme Kemendag dalam mengejar surplus perdagangan dengan memacu ekspor dan mengerem laju importasi ditengah kondisi pandemi Covid-19 saat ini patut diapresiasi.

Baca juga : Mudahkan Akses Untuk Permodalan

Menurutnya upaya tersebut mesti dibarengi komitmen semua pihak melalui integrasi sistem layanan digitalisasi yang mumpuni agar tidak terjadi lagi hambatan arus logistik impor maupun ekspor nasional.

Yukki menuturkan, terjadinya gangguan Sistem Customs-Excise Information System and Automation (CEISA) Bea dan Cukai Kemenkeu beberapa waktu lalu jangan sampai terulang kembali.

Baca juga : Kemenag Hentikan Rilis Kartu Nikah Fisik

"Sebagai pelaku usaha di sektor logistik, ALFI sangat mendukung berbagai strategi dan upaya Kemendag dalam mengejar surplus perdagangan. Namun jangan sampai ada kejadian CEISA terganggu lagi. Sebab kondisi ini turut mengerek beberapa harga komoditi," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menegaskan, optimistis kinerja ekspor Indonesia akan semakin menjanjikan. Ekspor komoditas-komoditis unggulan juga akan semakin berkontribusi pada surplus neraca perdagangan pada periode mendatang.

Baca juga : Dongkrak Prestasi, Komisi X DPR Dukung Kemenpora Jalankan GDON

Mendag juga mengatakan Pemerintah sedang memperbaiki struktur industri untuk mendukung potensi ekspor produk industri serta industri berteknologi tinggi seperti besi, baja, serta otomotif. Pemerintah juga akan mendorong terciptanya 500 ribu eksportir baru untuk mengerek kinerja ekspor Indonesia. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.