Dark/Light Mode

Perta Arun Gas Pamer Mitra Binaan Di Pameran UMKM Unimal

Kamis, 9 Mei 2019 12:40 WIB
PT Perta Arun Gas berpartisipasi di bazar dan pemeran UMKM yang dilaksanakan Universitas Malikussaleh. (Foto: Ist)
PT Perta Arun Gas berpartisipasi di bazar dan pemeran UMKM yang dilaksanakan Universitas Malikussaleh. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perta Arun Gas (PAG) mengajak Mitra Binaan UMKM Capacity Building for Nearby Community (CABINET) ikut berpartisipasi di bazar dan sosialisasi binaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dilaksanakan oleh Universitas Malikussaleh (Unimal), Lhokseumawe, 16 April Lalu.

Acara ini diikuti oleh para pelaku UMKM dan mahasiswa Universitas Malikussaleh. Selain itu, hadir juga pejabat daerah. “Kagiatan ini diharapkan dapat membantu para mitra binaan untuk mempromosikan usaha dan produknya, sehingga dikenal luas oleh masyarakat,” ujar manajemen PAG dalam keterangannya, kemarin.

Baca juga : Ekspor Pertanian NaikĀ Tanda Pemerintah Perhatian Ke PetaniĀ 

Pameran produk UMKM ini merupakan rangkaian kegiatan yang diselenggarakan oleh Unimal untuk mendidik mahasiswa pada sektor entrepreneurship. Selain PAG, peserta yang mengikuti pameran ini adalah UMKM dampingan instansi yang telah fokus dalam pengembangan UMKM melalui program Corporate Social Responsibility (CSR).

PAG memberikan edukasi dan pengalaman dalam mengembangkan usaha kecil rumah tangga warga di 12 desa. Produk yang dihasilkan terdiri dari kerupuk opak, kerupuk ikan dan udang, produk olahan ikan asin, serta produk hasil dari petani yaitu buah naga dan budidaya tanaman lengkeng, mangga, dan jambu. “Tujuannya memberikan edukasi dan semangat umkm bagi generasi melenial,” ujar manajemen.

Baca juga : Perluas Pasar Ekspor, Inka Butuh Suntikan Modal

Saat ini, perseroan memiliki Rumah Pintar Corporate Social Responsibility (CSR) PAG yang terletak di salah satu desa binaan PAG di Kecamatan Padang Sakti. Rumah ini merupakan merupakan penerapan program CSR PAG di 2019 di bidang pertanian, perikanan, pendidikan, kewirausahaan serta bidang sosial lainnya.

Sampai dengan April 2019, Kegiatan CSR PAG yg telah dilaksanakan adalah pelatihan komputer untuk anak SD, dan SMP. Kemudian perpustakaan keliling di 12 desa lingkungan perseroan yang diikuti oleh 140 pelajar SD, SMP, serta pelatihan dan pembekalan materi tentang pendampingan kepada 26 peserta dari 12 desa lingkungan PAG.

Baca juga : Penjualan Gas Terus Naik, PGN Di Atas Angin

“Selain itu Rumah Pintar dikelola juga sebagai rumah singgah bagi Institusi yang berkunjung ke PAG untuk melihat program CSR-nya,” tambah manajemen.

Karena kontribusi PAG dalam acara ini, perseroan mendapatkan Penghargaan dari Unimal. Unimal juga berharap akan terjalinnya kerja sama dengan PAG guna menghasilkan para UMKM yang berkualitas. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.