Dark/Light Mode

Peringatan Wakil Ketua MPR

Money Politics Bikin UMKM Makin Tertinggal

Minggu, 14 April 2019 08:57 WIB
Wakil Ketua MPR Mahyudin (Foto: Dok. MPR)
Wakil Ketua MPR Mahyudin (Foto: Dok. MPR)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Mahyudin mengingatkan para pemilih agar tidak terjebak pada godaan politik uang atau money politics di ajang Pemilu 2019. Sebab, money politics akan berujung pada kemunduran pembangunan dan merugikan masyarakat di kemudian hari.

Ajakan itu disampaikan Mahyudin pada acara Temu Tokoh Nasional, di Balikpapan, Kalimantan Timur, kemarin. Acara ini dihadiri sekitar 900-an wanita pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Hindari money politics. Kalau itu terjadi, maka kapitalis masuk. UMKM tinggal cerita. Itulah bahayanya," kata Mahyudin.

Baca juga : Bank Mandiri Terbitkan MTN Valas Rp 10,6 T

Seorang calon pemimpin yang terpilih dengan money politics, lanjutnya, tidak akan sempat memikirkan rakyat. Termasuk juga mengembangkan UMKM. Yang mereka pikirkan cuma cara mengembalikan modal yang sudah dikeluarkan saat kampanye. Alhasil, UMKM akan semakin tertinggal. 

"Kalau terpilih jadi anggota DPR, dia enggak punya waktu memikirkan rakyat. Yang dia pikirkan, bagaimana mengembalikan uang sponsornya," sambung dia.

Mengenai UMKM, dia berharap bisa menjadi barisan terdepan pergerakan ekonomi nasional. Sebab, pengalaman sudah membuktikan, UMKM mampu jadi penyelamat ekonomi bangsa. Bahkan saat Indonesia dilanda krisis. 

Baca juga : Jalan Kaki Di Kota Bikin Sehat Fisik Dan Sosial

Yang menjadi persoalan saat ini, kata Mahyudin, adalah akses permodalan. Masih banyak pelaku UMKM kesulitan dalam mendapat modal dengan bunga ringan.

"Kalau untuk market, saya kira sekarang semakin bagus dengan revolusi industri 4.0. Orang sekarang tidak harus punya kios. Jualan para UMKM itu sudah bisa digandeng sama online-online itu (e-commerce), seperti Tokopedia maupun jualan lewat Instagram. Sehingga orang bisa berdagang pakai apa saja," imbuh dia.

Kembali ke masalah modal, Mahyudin menyayangkan, kampanye yang dilancarkan tim pemenangan Capres-cawapres kurang banyak menyinggung isu-isu pemberdayaan UMKM. Tim kampanye lebih banyak terjebak pada isu-isu yang kurang substansial. Seperti adu meme dan hoaks. Bukan adu gagasan.

Baca juga : Dua Pekan Jelang Coblosan, Politik Makin Edan

"Saya kira ini (persoalan UMKM) yang paling menarik kalau dijual untuk ide campaign calon presiden ya. Daripada tim sekarang sibuk bikin meme dan hoaks tidak jelas. Hal-hal kecil ditonjolkan, saya kira semakin membuat masyarakat bingung," pungkasnya. [SAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.