Dark/Light Mode

Lego Sembilan Ruas Tol

Waskita Perlu Dana Buat Pompa Kinerja

Kamis, 19 Agustus 2021 05:35 WIB
Tangkapan layar President Director Waskita, Destiawan Soewardjono dalam seminar daring di Jakarta, Kamis (12/8/2021). (Foto : Antara).
Tangkapan layar President Director Waskita, Destiawan Soewardjono dalam seminar daring di Jakarta, Kamis (12/8/2021). (Foto : Antara).

RM.id  Rakyat Merdeka - Ekonom memandang tepat rencana PT Waskita Karya (Persero) Tbk melego 9 ruas tol di tengah pandemi. Sebab, kenyataannya perusahaan pelat merah tersebut sedang membutuhkan dana untuk membayar utang dan memompa kinerja.

President Director Waskita Destiawan Soewardjono mengungkapkan, realisasi divestasi hingga semester I-2021 baru terlaksana untuk empat ruas tol. Sisanya, atau sebanyak lima ruas tol, negosiasinya terpaksa mundur akibat pandemi.

Baca juga : HNW Serukan Persatuan Umat Rawat Kemerdekaan

“Kami harapkan selesai pada Triwulan III-2021, tapi sepertinya akan mengalami kemun­duran sampai dengan triwu­lan IV tahun 2021,” katanya dalam diskusi bertajuk WSKT: Meneropong Pemulihan & Pros­pek Jangka Panjang Sektor Konstruksi, Jumat (16/8).

Destiawan mengatakan, jika divestasi terealisasi, setidaknya Waskita akan mendapatkan dana segar atau fresh money sekitar Rp 10 triliun. Kemudian terjadi debt deconsolidation kurang lebih sebesar Rp 20 triliun. “Dengan begitu akan mengurangi beban Waskita ke depan,” ucap dia.

Baca juga : Nasdem: Rakyat Sumbar Harus Teruskan Perjuangan Bung Hatta

Selanjutnya di 2022, sambung Destiawan, Waskita bisa memu­lai pola bisnis baru, pasca proses restrukturisasi keuangan induk dan anak usaha selesai tahun ini.

Ia menjelaskan, financial restructuring akan dilakukan kepada induk dan anak usaha Waskita. Termasuk Waskita Beton Precast, Waskita Realty, Waskita Toll Road (WTR) dan Waskita Infrastruktur.

Baca juga : Lestari: Tekan Angka Kematian, Perkuat Solidaritas Antar Warga

Sebelumnya, Waskita telah sukses melakukan divestasi atas seluruh kepemilikan saham WTR pada PT Jasamarga Kuala­namu Tol (JMKT) kepada Kings Rings Ltd.

Kemudian pada Juni 2021 lalu, Waskita juga telah berhasil melakukan divestasi atas 40 persen kepemilikan saham WTR pada PT Jasamarga Semarang Batang (JSB). Serta divestasi atas 35 persen saham WTR pada PT Cinere Serpong Jaya (CSJ).
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.