Dark/Light Mode

Salurkan CSR Rp 2,9 Miliar

Pertamina Sulap Lahan Gambut Jadi Tempat Wisata Arboretum

Kamis, 9 Mei 2019 13:28 WIB
Ketua kelompok tani memperlihatkan tanaman kantong semar kepada Direktur Keuangan Pertamina Pahala Mansuri (kanan) dan Manager Pertamina RU II Dumai Nandang Kurnaidi (kiri) yang ada di kawasan wisata Arboreturm Gambut di Kelurahan Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis Riau. (Foto: Antara)
Ketua kelompok tani memperlihatkan tanaman kantong semar kepada Direktur Keuangan Pertamina Pahala Mansuri (kanan) dan Manager Pertamina RU II Dumai Nandang Kurnaidi (kiri) yang ada di kawasan wisata Arboreturm Gambut di Kelurahan Sungai Pakning Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis Riau. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pertamina Refinery Unit (RU) II Sungai Pakning terus mengembangkan lahan gambut di Kecamatan Bukit Batu, Bangkalis, Riau, agar membawa berkah bagi masyarakat sekitar. Caranya melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Kampung Gambut Berdikari sejak 2016.   

Sebelum ada program ini, masyarakat menilai lahan gambut yang ada di Kecamatan Bukit Batu sebagai musibah. Sebab, pada 2013-2015 terjadi kebakaran di lahan gambut tersebut. Selain menggaggu masyarakat, kebakaran juga menghilangnya potensi panen serta tingginya gangguan kesehatan akibat Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA). 

Direktur Keuangan PT Pertamina Pahala Mansury, pada Rabu (8/5) melakukan kunjungan kerja sekaligus berdialog dengan para mitra binaan di Kampung Gambut Berdikari. Tepatnya di area wisata Arboretum Gambut.

Baca juga : Pertamina Pastikan LPG 3 Kg di Kalimantan Aman

Menurut Pahala, melalui program ini Pertamina berupaya merubah mindset masyarakat yang semula melihat lahan gambut sebagai pembawa musibah menjadi pembawa berkah. Di bawah naungan program besar Berkah Gambut, Berkah Negeri, Kampung Gambut Berdikari dijalankan bersama-sama 2 sub program lainnya yakni Generasi Emas 4.0 dan Permata Hijau. 

“Berkah Gambut, Berkah Negeri terdiri dari 3 sub program dengan berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat secara terpadu yang menyentuh berbagai aspek kehidupan seperti lingkungan, kesehatan, pendidikan, hingga kemandirian ekonomi", kata Pahala.

Dengan melibatkan 2.884 jiwa penerima manfaat, mulai dari balita sampai  kelompok lansia, program yang juga mengantarkan Pertamina RU II Sei Pakning mendapatkan predikat PROPER Emas ini, menurut Pahala, menjadi salah satu pengejawantahan dari program BUMN Hadir Untuk Negeri. 

Baca juga : Krakatau Steel Dapat Durian Runtuh

General Manager Pertamina RU II Nandang Kurnaedi menambahkan, dana Corporate Social Responsibility (CSR) yang telah digelontorkan Pertamina sejak 2016 hingga 2018 sebesar Rp 2.980.000.000 untuk keseluruhan program. Berbagai program yang dijalankan di antaranya adalah pengembangan pertanian nanas, pembinaan Masyarakat Peduli Api (MPA), pembinaan Sekolah Adiwiyata, pendampingan kegiatan posyandu, pengembangan kawasan mangrove, dan pembinaan kelompok nelayan. 

Khusus pengembangan kawasan wisata Arboretum Gambut, Nandang menyatakan ke depannya akan terus dioptimalkan aspek promosinya. Ini mengingat kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri karena menyimpan 5 tanaman endemik Sumatera yang salah satunya tercatat sebagai hampir punah (vulnerable) di International Union for Conservation of Nature and Natural Resources (IUCN), yaitu Kantung Semar (Nepenthes Spectabillis).

“Dana tersebut dikelola secara bersama dengan pendampingan dari Pertamina untuk berbagai kegiatan mulai dari donasi (Charity), peningkatan kapasitas masyarakat melalui pelatihan dan pembinaan (Capacity Building), peningkatan ekonomi masyarakat (Community Empowerment), maupun pembangunan infrastruktur,” terang Nandang.

Baca juga : Setor Rp 120,8 T Ke Negara, Pertamina Sukses Cetak Rekor

Nandang mengungkapkan bahwa keberhasilan program Berkah Gambut, Berkah Negeri tidak lepas dari komitmen dan kolaborasi dari setiap pihak yang terlibat. Mulai  dari kelompok masyarakat, pemerintah dan Pertamina sebagai pemrakarsa program TJSL tersebut. Program ini juga telah mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari berbagai ajang nasional seperti Indonesian Sustainable Development Goals Award (ISDA), UNS SME Award, dan CSR Nusantara Award hingga PROPER Emas. 

Tidak hanya melakukan peninjauan, pada kunjungan ini Direktur Keuangan Pertamina Pahala Mansyuri beserta jajaran manajemen Pertamina RU II berkesempatan melakukan penanaman pohon kantung semar untuk semakin melestarikan keberadaan tanamam ini. Pahala pun menyatakan apresiasinya kepada seluruh pihak khususnya masyarakat yang telah bersama-sama Pertamina dalam mensukseskan program ini. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.