Dark/Light Mode

Mantap, Ada Gerai UMKM Premium Di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

Kamis, 19 Agustus 2021 21:08 WIB
Gerai UMKM Premium Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. (Dok. Angkasa Pura I)
Gerai UMKM Premium Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. (Dok. Angkasa Pura I)

 Sebelumnya 
Dengan hadirnya Gerai UMKM Premium ini, para penumpang dapat lebih mudah ketika memilih buah tangan khas Kalimantan Selatan, karena dari sisi kualitas produk, pengemasan, maupun komposisi sudah sesuai standar nasional yang diterapkan.

Diharapkan kehadiran Gerai UMKM Premium di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin ini dapat berkontribusi terhadap kemajuan UMKM Kalimantan Selatan. 

Dorong UMKM "Naik Kelas"

Gerai UMKM Premium di Bandara Syamsuddin Norr Banjarmasin ini menambah galeri-galeri UMKM yang ada di bandara kelolaan Angkasa Pura I lainnya.

Baca juga : Mantap, Peringkat Soekarno-Hatta Naik Lagi Di Daftar Bandara Terbaik Dunia

Beberapa galeri UMKM bandara Angkasa Pura I yang cukup besar terdapat di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulon Progo dan Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang.

Faik mengatakan, Angkasa Pura I berupaya untuk meningkatkan kelas produk-produk UMKM lokal dengan melibatkan para pelaku UMKM di galeri-galeri UMKM yang disediakan di bandara.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan peluang produk-produk mereka dapat diperkenalkan dan dipasarkan ke penumpang pesawat, baik domestik maupun internasional.

Salah satunya Galeri UMKM di YIA bernama Pasar Kotagede yang juga merupakan area khusus UMKM terbesar di Indonesia.

Baca juga : Rayakan 2 Abad Kemerdekaan Di Jakarta, Peru Bikin Banyak Acara

"Pasar Kotagede di YIA melibatkan tidak hanya pelaku UMKM di Yogyakarta, tapi juga Magelang, Purworejo, Klaten, dan daerah lain di Jawa Tengah," ujar Faik Fahmi.

Di Bandara Internasional Yogyakarta (YIA), Angkasa Pura I menyediakan Galeri UMKM seluas 1.395 meter persegi untuk memfasilitasi hingga 600 UMKM lokal Yogyakarta dan sekitarnya.

Hal tersebut belum ditambah kehadiran Kawasan Tugu Malioboro YIA seluas 889 meter persegi dengan jumlah stand UMKM sebanyak 20 stand yang baru diresmikan pada 17 Agustus 2021 kemarin.

Galeri UMKM di Bandara Internasional Yogyakarta yang terdapat di terminal keberangkatan domestik menampilkan berbagai gerai produk batik, produk olahan coklat, batik kayu, produk olahan aloevera, jamu herbal, makanan khas lokal lainnya.

Baca juga : Banteng Sulap Kantor Partai Di Daerah Jadi Dapur Umum

Walau tidak seluas galeri UMKM di YIA, juga terdapat galeri UMKM seluas 120 meter persegi di Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, tepatnya terletak di exhibition hall lantai 1 terminal penumpang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.