Dark/Light Mode

Genjot Ekonomi Syariah Digital, BI DKI Jakarta Gelar Jakreatifest

Sabtu, 21 Agustus 2021 13:53 WIB
Jakarta Kreatif Festival (Jakreatifest). (Foto: Ist)
Jakarta Kreatif Festival (Jakreatifest). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi DKI Jakarta akan menggelar acara Jakarta Kreatif Festival (Jakreatifest) pada 30-31 Agustus 2021 mendatang secara virtual melalui zoom.

Acara tersebut mengangkat tema, Memberdayakan Sumber Pertumbuhan Ekonomi Baru yang Kreatif, Inovatif dan Inspiratif di Era Digitalisasi untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional.

"Dengan tagline kreatif, inovatif dan inspiratif atau Kini, salah satu tujuan dari acara Jakarta Kreatif Festival ini adalah mendorong ekonomi dan keuangan digital melalui implementasi transaksi pembayaran nontunai atau QRIS/EDC dan digitalisasi produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) baik dalam hal pemasaran maupun pengelolaan keuangan yang terkait dengan sistem pembayaran," ujar Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta Onny Widjanarko dalam acara media briefing secara virtual, Jumat (20/8).

Baca juga : Gencarkan Vaksinasi Massal, MRT Jakarta Sabet Penghargaan

Selain itu, kata Onny, acara ini juga bertujuan antara lain untuk mendorong akses keuangan bagi UMKM melalui business matching UMKM dengan perbankan atau nonperbankan, mendiseminasikan, dan mengkomunikasi program Bank Indonesia dalam pengembangan UMKM.

Termasuk UMKM syariah, dan mendorong implementasi Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia. Acara Jakarta Kreatif Festival juga mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang menjadi program pemerintah pusat.

"Jadi, dengan acara ini, kita memberikan dukungan kepada UMKM dan tahun ini tidak hanya dukungan kepada pelaku usaha bidang kuliner dan fashion seperti tahun sebelumnya. Tetapi juga dukungan kepada pelaku usaha ekonomi kreatif potensial seperti industri musik, perfilman, dan animasi serta ekonomi Syariah pada sektor riil," ungkap dia.

Baca juga : Sambut HUT RI, PDIP Jakarta Timur Gelar Vaksinasi Massal

Lebih lanjut, Onny mengatakan, sebanyak 138 UMKM akan berpartisipasi dalam acara Jakarta Kreatif Festival tersebut. Mereka adalah pelaku UMKM, petani kopi, pelaku industri kopi, pelaku industri kreatif baik game, film pendek, dan animasi, pondok pesantren, dan stakeholder lainnya.

BI DKI Jakarta, tutur dia, juga sudah meluncurkan beberapa kegiatan perlombaan sebagai pre-event acara ini, yakni lomba latte art, lomba video nostalgia pariwisata, dan lomba pamer produk unggulan Indonesia.

Harapan Onny, dampak acara Jakarta Kreatif Festival adalah makin berkembangnya ekonomi syariah seperti peningkatan implementasi halal value chain dan program pengembangan kemandirian pesantren melalui habitren DKI Jakarta yang sudah terbentuk.

Baca juga : Gandeng Gojek, Telkom Jaring Talenta Digital Di Indonesia Timur

"Kami undangan semuanya untuk berpartisipasi pada acara ini dan seluruh informasi terkait kegiatan Jakarta Kreatif Festival dapat diakses melalui website www.jakreatifest.com dan akun Instagram BI Jakarta @bank_indonesia_jakarta," pungkas Onny. [MRA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.