Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Lewat Komunitas Srikandi

Angkasa Pura I Dorong Perempuan Aktif Di Lingkungan Kerja

Senin, 23 Agustus 2021 19:37 WIB
Petugas bandara tengah mengecek calon penumpang pesawat. (Dok. Angkasa Pura I)
Petugas bandara tengah mengecek calon penumpang pesawat. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Angkasa Pura I (Persero) terus berupaya meningkatkan keterlibatan perempuan dalam berkarya baik bagi diri sendiri, perusahaan, dan masyarakat dengan meluncurkan program Komunitas Srikandi Angkasa Pura I.

Direktur Pemasaran dan Pelayanan PT Angkasa Pura I (Persero) Devy Suradji mengatakan, Angkasa Pura I menjalankan praktik bisnis yang berkelanjutan dengan memperhatikan berbagai aspek atau indikator pada tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG's) demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat. 

Salah satunya adalah kesetaraan jender dan pemberdayaan perempuan.

"Sejalan dengan komitmen Angkasa Pura I untuk mewujudkan prinsip sustainable development goals nomor 5, yaitu tercapainya kesetaraan jender melalui pemberdayaan perempuan, Angkasa Pura I menginisiasi berbagai program yang mendukung pemberdayaan perempuan melalui Komunitas Srikandi Angkasa Pura I," kata Devy Suradji dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin. (23/8/2021).

Baca juga : Pemerintah Pulangkan 129 PMI Yang Telantar Di Taiwan

Dijelaskan, Komunitas ini hadir sebagai support system bagi para perempuan Angkasa Pura I untuk terus dapat berkembang dan meningkatkan keahlian, eksistensi, dan kompetensi diri.

Devy menyampaikan, Komunitas Srikandi Angkasa Pura I merupakan turunan dari program Srikandi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) pada Februari 2021.

Melalui komunitas tersebut, berbagai program yang mendukung kesetaraan jender dan pemberdayaan perempuan diinisiasi dan diperkuat.

Adapun beberapa program atau kebijakan perusahaan yang pro pemberdayaan perempuan yaitu penyediaan fasilitas khusus bagi perempuan seperti nursery room, child care facility, penyesuaian kerja untuk pegawai hamil dan menyusui. 

Baca juga : Program Inkubasi Magang Persiapkan Santri Hadapi Dunia Kerja

Dan, cuti di luar tanggungan bagi pegawai yang mengikuti program bayi tabung.

Selain itu, ada juga kegiatan khusus seperti webinar dengan topik-topik pemberdayaan perempuan; program pengembangan karir bagi perempuan (rencana karir alternatif, program sistem pendukung oleh konselor profesional untuk memberi layanan konseling).

Program coaching dan mentoring dengan pemimpin perempuan; dan komunitas hobi dan minat khusus perempuan.

Terkait pewujudan salah satu indikator SDG's nomor 5 yaitu distribusi jabatan manajer perempuan pada organisasi atau perusahaan, saat ini jumlah pegawai perempuan di Angkasa Pura I masih di bawah 20 persen.

Baca juga : Angkasa Pura I Dukung Persiapan Dan Uji Coba Kereta Bandara YIA

Dan yang menempati posisi struktural pada level BOD-3 hanya 18 persen dibandingkan dengan lelaki.

"Diharapkan dengan telah munculnya kesadaran dan dimulainya berbagai program yang mendukung pemberdayaan perempuan di lingkungan kerja Angkasa Pura I, jumlah keterwakilan perempuan yang menduduki jabatan struktural perusahaan akan akan makin meningkat," ujarnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.