Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Tesca, Telkom Dorong Pertumbuhan Talenta Digital

Senin, 23 Agustus 2021 21:33 WIB
Gedung Telkom Landmark Tower di Jakarta.
Gedung Telkom Landmark Tower di Jakarta.

RM.id  Rakyat Merdeka - Telkom Indonesia kembali menyelenggarakan program Telkom Smart Campus Awards (Tesca) 2021 dengan tema ‘Digital Smart Campus Wujudkan Indonesia Tumbuh. 

Program peduli pendidikan ini merupakan salah satu rangkaian dari peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-76 untuk menciptakan talenta digital.
  
“Tesca 2021 merupakan program pemeringkatan, awarding, dan publishing untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia, beserta civitas academica, baik dosen dan mahasiswa demi meningkatkan talenta digital nasional,” ujar Direktur Enterprise and Business Service Telkom, Edi Witjara, Senin (23/8) . 

Sebagaimana disampaikan Presiden Jokowi, bahwa Indonesia membutuhkan 9 juta talenta digital dalam 15 tahun ke depan, atau setidaknya 600 ribu talenta per tahun, Telkom terus berupaya keras untuk mendorong lahirnya talenta digital melalui program Tesca 2021.

Program ini menjadi salah satu wujud nyata Telkom sebagai digital telco terdepan dalam melahirkan talenta-talenta digital terbaik.

Baca juga : Di Sidang Parlemen ASEAN, Puan Dorong Kerja Sama Teknologi Digital

“Diharapkan pelaksanaan Tesca dapat diikuti seluruh Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia sehingga mampu meningkatkan digital adoption perguruan tinggi dan mengembangkan digital creativity dari civitas academica,” harapnya. 

Dengan penerapan strategi pentahelix, Telkom meyakini dapat terjalin kerja sama yang baik antar kelima elemen yaitu Government, Academic, Media, Community, dan Business sehingga dapat menciptakan lebih banyak talenta digital sebagai generasi masa depan yang kompeten dan berdaya saing tinggi.

Sementara Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam mengapresiasi upaya Telkom mendorong transformasi PT dalam memanfaatkan teknologi serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui penyelenggaraan Tesca 2021 ini. 

“Kami berharap PTN maupun Swasta di Indonesia dapat berpartisipasi dan turut berperan aktif dalam mewujudkan kampus merdeka yang smart, kreatif dan inovatif untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia unggul dan berdaya saing.” ujar Nizam.

Baca juga : Genjot Bansos, BNI Dorong Realisasi Penarikan Dana

Lebih lanjut Nizam menyebutkan, pada Tesca 2021 terdapat dua kategori penilaian, yaitu Digital Adoption yang akan menobatkan perguruan tinggi terpilih di Indonesia, yang telah mengadopsi sistem digitalisasi sesuai dengan metodologi ZEN framework, sebagai institusi pendidikan Campus of The Future serta Digital Creativity yang akan akan menobatkan The Future Generation Civitas Academica.

Kemudian, terdapat lima kategori Digital Adoption Perguruan Tinggi yang meliputi Digital Infrastructure, Digital Service, Digital Learning, Digital Innovation, serta Smart Collaboration. 

Sedangkan untuk Digital Creativity Civitas Academica terdapat enam kategori meliputi Lifestyle, Social dan Community, Education dan Information Distribution, Productivity, Entertainment dan Home Intelligent, serta Games.

“Penghargaan Tesca 2021 diharapkan dapat membantu meningkatkan penilaian akreditasi PT di Indonesia. Kami juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa mengembangkan kompetensi dan kapabilitasnya agar memiliki daya saing di dunia kerja nanti serta memberikan kesempatan untuk mengembangkan karir di Telkom Indonesia,” ujar Edi.

Baca juga : Wamen Tiko Dorong Telkom Wujudkan Kedaulatan Digital

Acara puncak penghargaan Tesca 2021 akan dilaksanakan bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2021 sebagai tonggak awal komitmen bersama untuk mewujudkan generasi bangsa yang kreatif, inovatif, dan berdaya saing. 

Sebagai perusahaan telekomunikasi digital  terdepan di Indonesia, operator merah putih ini berkomitmen untuk terus mendorong terwujudnya kedaulatan digital nasional melalui terciptanya lingkungan digital, pembangunan masyarakat digital, dan akselerasi ekosistem ekonomi digital. 

“Kami berkomitmen dan siap mendukung PT dan Civitas Academica di Indonesia untuk dapat melahirkan talenta digital kebanggaan yang akan memberikan karya terbaik dan inovatif untuk bangsa dan negara,” pungkasnya. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.