Dark/Light Mode

Ekonomi RI Tumbuh Di Atas Vietnam-Korsel, Airlangga Happy

Rabu, 25 Agustus 2021 14:01 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, perekonomian Indonesia telah menunjukkan pemulihan. 

Hal itu bisa dilihat dari pertumbuhan ekonomi kuartal II-2021 yang tumbuh 7,07 persen. Pertumbuhan itu melampaui Vietnam yang 6,6 persen dan Korea Selatan 5,9 persen.

Baca juga : Bonus Olimpiade, RI Tertinggi Kedua Di Asia Tenggara

“Tertinggi sejak era krisis subprime mortgage (2008),” kata Airlangga, Rabu (25/8).

Menurut dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia didorong konsumsi rumah tangga yang tumbuh 5,9 persen dan pulihnya industri. Hal itu membuat investasi tumbuh 7,54 persen.

Baca juga : Muhidin: Meski Ekonomi Tumbuh, Kita Jangan Lengah

Sementara, dari faktor eksternal, perbaikan permintaan global meningkatkan ekspor. Ekspor tumbuh 31,78 persen dan impor 31,22 persen. Indikator lainnya cadangan devisa juga terjaga dengan pencapaian 137 miliar dolar AS.

Terakhir, Airlangga mengatakan, pada tahun depan, pemerintah berkomitmen untuk mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 5-5,5 persen. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.