Dark/Light Mode

Ini Daftar Pemenang Battle Of Minds 2021

Sabtu, 4 September 2021 00:43 WIB
Para pemenang Battle of Minds (BOM) 2021. (Foto: ist)
Para pemenang Battle of Minds (BOM) 2021. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Battle of Minds (BOM) 2021 kembali hadir di Indonesia. BOM mengajak para generasi muda untuk membuat perubahan dan menjadi pemimpin dari perubahan.

Kompetisi tingkat dunia tersebut menantang para penggerak perubahan untuk menuangkan ide-ide kreatif mereka dalam sebuah proposal bisnis untuk merespon berbagai tantangan yang ada. Kompetisi ini terbuka bagi mahasiswa dan profesional muda yang diadakan di tingkat Indonesia sejak tanggal 3 Mei 2021.

Dengan mengusung tema “Anything is Possible”, kompetisi yang diinisiasi oleh British American Tobacco (BAT) ini memberikan wadah yang nyata bagi para generasi muda yang ingin memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar. 

Pemenang dari kompetisi ini akan memeroleh kesempatan untuk mewujudkan ide besarnya dan mewakili Indonesia pada kompetisi Battle of Minds 2021 tingkat dunia, bersaing dengan 25 perwakilan terbaik dari berbagai negara termasuk Indonesia. Pemenang tingkat global tersebut akan berkesempatan mendapatkan dukungan pendanaan atas ide bisnis mereka hingga Rp 1 miliar.

Baca juga : Ini Hambatan Penerapan SIN Pajak Di Indonesia

Banyak inovator muda Indonesia yang berpartisipasi dalam ajang ini. Selama periode pendaftaran, sebanyak 307 tim melakukan pendaftaran, yang terdiri dari 803 mahasiswa, para sarjana muda (fresh graduates) dan profesional muda. Dari 307 tim, 65 tim akhirnya mengumpulkan proposal mereka dan berhak untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya. 

Rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh BAT Indonesia ke universitas dan komunitas tidak hanya bertujuan mempromosikan Battle of Minds, namun juga memberikan sharing session terkait cara-cara mencapai kesuksesan dalam berkarir di usia muda dan juga berbagi ilmu yang dibutuhkan oleh para inovator saat ini seperti digital marketing. 

Selain itu, BAT Indonesia juga menyelenggarakan Ideathon, yang merupakan lokakarya intensif singkat bagi para yang dibimbing langsung oleh para pemimpin-pemimpin dan profesional di bidangnya. Pada acara Ideathon tersebut, mereka belajar lebih banyak dalam memahami akar masalah, memberikan solusi yang relevan terhadap permasalahan tersebut serta merumuskan ide mereka menjadi sebuah proposal bisnis.

Tahun ini, Battle of Minds memberikan empat tantangan besar yakni transformation (post Covid-19), farming, waste dan energy challenge.

Baca juga : Ini Enam Klub Pesaing Berat Persib Di Liga 1

Pada malam penganugerahan Battle of Minds Indonesia yang diselenggarakan secara virtual hari ini, telah diumumkan bahwa pemenang juara 1 yaitu Tim Ijo yang beranggotakan Rahadiyan GLD, Ivanna Theresa, dan Nia Julies, yang merupakan profesional muda, mengusung ide tentang sustainable bioplastics.

Sebagai juara pertama, Tim Ijo akan memeroleh uang tunai sebesar Rp 40 juta rupiah serta mewakili Indonesia di kompetisi tingkat internasional yang akan diadakan pada bulan Oktober 2021. Sementara itu, juara 2 dimenangkan oleh Tim Sgara yang beranggotakan Christoper Jason (profesional muda), dan Arrival Sentosa (mahasiswa ITB) dengan ide tentang one stop platform for shrimp farming.

Sedangkan juara 3 adalah Tim Rebattery yang beranggotakan Yoga Mugio Pratama, Sofia Fitri Ramadani, dan Sugiarti Putra Wijaya, yang merupakan profesional muda, dengan ide bisnis mengenai accelerate battery evolution. Juara kedua dan ketiga masing-masing akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 20 juta dan Rp 12 juta. Ketiga pemenang Battle of Minds 2021 tersebut juga akan memeroleh kesempatan untuk melakukan internship di BAT Indonesia sebagai bentuk pengembangan karir mereka.

Widyo Rulyantoko, HR & Inclusion Director BAT Indonesia mengatakan ajang Battle of Minds ini merupakan bentuk dukungan nyata Perusahaan bagi para inovator muda penggerak dan pemimpin perubahan. Sesuai nilai dari BAT Indonesia yakni Lead the Change, pihaknya berharap kompetisi ini akan menginspirasi para generasi muda lainnya untuk memimpin perubahan di negeri ini dan menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat sekitar. 

Baca juga : Ini Dia Para Pemenang Lomba Video Kreatif Peringati Hari Kelahiran Pancasila

Bagi para pemenang, dia mendoakan agar mereka dapat membawa nama Indonesia di tingkat internasional serta membukakan jalan yang lebih luas bagi mereka untuk mewujudkan cita-cita besar mereka dalam mempimpin perubahan.

“Ini hanyalah permulaan dari masa depan mereka yang lebih cerah. Kita memerlukan generasi-generasi muda seperti mereka agar Indonesia semakin maju dalam inovasi dan BAT Indonesia akan terus berkomitmen untuk mendukung pengembangan talenta-talenta Indonesia melalui berbagai bidang, salah satunya dengan Battle of Minds ini. Indonesia bisa!,” katanya. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.