Dark/Light Mode

Ini Enam Klub Pesaing Berat Persib Di Liga 1

Minggu, 22 Agustus 2021 13:58 WIB
Para pemain Persib saat latihan. (Foto : Persib)
Para pemain Persib saat latihan. (Foto : Persib)

RM.id  Rakyat Merdeka - Meski jadwal liga 1 belum jelas, pelatih Persib Robert Alberts tetap mempersiapkan para pemainnya. Sebab, liga 1 musim ini dipastikan bakal ketat.

Robert menyebut sedikitnya enam klub tangguh yang bisa menjadi pesaing utama Persib di Liga 1 2021/2022. Bali United menjadi klub pertama yang terlintas di benak pelatih asal Belanda tersebut.

Terakhir kali Persib bertemu dengan Bali United terjadi pada laga pertama kualifikasi Grup D Piala Menpora, 24 Maret lalu.

Baca juga : Tingkatkan Kualitas Pendidikan, SMM Bentuk Hub Di 9 Kota

"Jika melihat dari kekuatan tim, Bali punya kualitas. Lalu Bhayangkara memiliki banyak pemain bagus. Persija selalu menjadi tim berbahaya seperti Arema FC. Borneo melakukan banyak investasi dan Persipura selalu menjadi tim yang solid," kata Robert.

Meski begitu, pelatih berusia 66 tahun tersebut mengatakan, ada sejumlah hal yang bisa mempengaruhi performa sebuah tim di Liga 1, di antaranya adalah keberadaan suporter di stadion.

"Kini ada faktor tersembunyi yang bisa banyak mempengaruhi penampilan setiap tim karena tidak akan bermain di kandang dan tanpa suporter. Ini membuat musim akan berlangsung lebih sulit dan itu yang harus bisa kami atasi," terangnya.

Baca juga : Enam Mobil Pemadam Sukses Jinakkan Si Jago Merah Di Cipinang Muara

Untuk mempersiapkan klub, Persib memanggil empat pemain Bandung United untuk Liga 1 2021/2022. Keempat pemain itu adalah Syafril Lestaluhu, Puja Abdilah, Indra Mustafa, dan M. Aqil Savik.

Robert Alberts mengatakan, awalnya para pemain tersebut akan didaftarkan sebagai pemain Bandung United untuk mengarungi Liga 3. Namun, rencana itu urung dilakukan karena adanya aturan pembatasan usia pemain.

"Kami membawa mereka kembali karena Liga 3 punya aturan yang berbeda. Yang bisa masuk dan memenuhi aturan tersebut adalah pemain yang lebih muda," kata pelatih kepala Persib tersebut.

Baca juga : Bruno Fernandes, Bisa Bawa Pulang Bola Pertandingan

Sebagai gantinya, tiga pemain muda Persib akan menjadi bagian Bandung United musim ini. Ravil Shandika, Saiful dan Kakang Rudinato adalah pemain jebolan Diklat Persib yang dipromosikan bergabung dengan Persib musim ini.

"Jadi mereka (Safril, Indra, Aqil, dan Puja) akan diganti dengan pemain lain. Ravil, Kakang dan Saiful mereka akan ke Bandung United," ungkapnya. [IPL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.