Dark/Light Mode

Marak Penipuan Modus Fake Caller BCA, Begini Antisipasinya

Minggu, 5 September 2021 18:27 WIB
Bank BCA. (Foto: ist)
Bank BCA. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mengimbau kepada nasabah dan masyarakat agar berhati-hati dengan penipu yang mengatasnamakan BCA.

“Tolong informasikan ke sanak keluarga, kolega dan segenap group WhatsApp teman atas modus penipuan mengatasnamakan BCA makin marak belakangan ini. Terutama telepon dari nomor palsu seperti +6221-1500888 atau 021-500888, dan sebagainya. Para penipu bisa menggunakan aplikasi Fake Caller,” ucap Executive Vice President Secretariat & Corporate Communication BCA Hera F Haryn, Minggu (5/9).

Hera mengatakan, penipuan ini bisa dihindarkan dengan tiga cara. Yakni pertama, jangan pernah mengangkat telepon dari nomor mencurigakan, meskipun terlihat mirip dengan nomor resmi call centre. 

Baca juga : Arsjad Rasjid Umumkan Pengurus Baru Kadin, Ini Daftarnya

“Sebaiknya teman-teman TIDAK save nomor Halo BCA pada kontak di handphone, sehingga bisa melihat nomor telepon yang masuk apakah benar nomor resmi Halo BCA 1500888 tanpa ada embel-embel +62, 021, atau apapun,” warning-nya.

Kedua, jika mengangkat telepon dari nomor yang tidak dikenal lalu, penelpon memberikan informasi adanya aktivitas mencurigakan pada kartu kredit/rekening/mobile banking milik Anda, tetap tenang dan jangan panik. 

“Kalau Anda melayani maka kartu kredit, debit atau ATM, dan tabungan Anda bisa jebol! Jadi, segera matikan telepon tersebut,” tegas Hera.

Baca juga : Greysia/Apriyani Raih Emas, Begini Analisis Menpora Zainudin Amali

Sekali lagi disampaikan, BCA tidak pernah minta data-data seperti PIN ATM, nomor kartu ATM, PIN mobile banking, CVV Kartu Kredit, OTP dan data pribadi lainnya karena #DatamuRahasiamu!

Ketiga, lanjut Hera, jika menemukan aktivitas mencurigakan seperti yang dijelaskan di atas, segera hubungi Halo BCA di 1500888, Twitter @HaloBCA, Email : [email protected], atau WhatsApp Bank BCA 08111500998.

“Mari kita sama-sama mengingatkan orang-orang terdekat dan sekitar untuk tidak mudah tertipu oleh para penipu dengan menjalankan tiga cara di atas,” ajaknya.

Baca juga : Hadiri Peluncuran Core Values ASN, Mendes Segera Terapkan Di Kementeriannya

Dengan begitu, teman-teman telah menjadi agent of change pencetak Generasi #AntiModus. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.