Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Telkom Kenalkan Aplikasi mySooltan Untuk Permudah UMKM Go Online

Kamis, 16 September 2021 10:05 WIB
Direktur Enterprise dan Business Service Telkom, Edi Witjara (kiri) menerima cendera mata saat berkunjung ke lokasi usaha Pondok Tekstil Kreasindo di Bandung, Jumat (10/9).
Direktur Enterprise dan Business Service Telkom, Edi Witjara (kiri) menerima cendera mata saat berkunjung ke lokasi usaha Pondok Tekstil Kreasindo di Bandung, Jumat (10/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia memperkenalkan aplikasi mySooltan. Aplikasi ini untuk membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar bisa go online secara cepat dan mudah. 
  
Direktur Enterprise dan Business Service Telkom, Edi Witjara menjelaskan, aplikasi ini dilengkapi infrastruktur digital yang dapat membuka peluang baru, memberikan ide kreativitas, dan memperkuat jaringan bisnis UMKM melalui kemitraan dengan masyarakat. 

“Banyak solusi digital di mySooltan yang dapat membantu UMKM untuk tetap survive selama pandemi dan di era kenormalan baru, seperti solusi connectivity (sooltanNet), point of sales (Bonum), manajemen toko digital (Sakoo) dan aplikasi pembayaran melalui uang elektronik (Qren),” kata Edi dikutip Rabu (15/9)

Edi menyatakan, kehadiran  aplikasi mySooltan adalah bukti komitmen Telkom dalam mendukung upaya pelaku UMKM, sebagai tulang punggung perekonomian nasional untuk melakukan migrasi bisnis ke arah digital. 

Aplikasi mySooltan adalah platform single digital touch untuk UMKM agar bisa melakukan migrasi bisnis dari model luring ke daring (go online) secara mudah. 

Baca juga : Kebutuhan Kredit Untuk UMKM Bakal Meningkat

“Melalui mySooltan, UMKM bisa mendapat berbagai manfaat untuk mengembangkan bisnisnya, mengatur perputaran roda usaha, serta memperluas pemasaran produk dan/atau jasa yang ditawarkan,” terangnya.

Pelaku UMKM lanjut Edi, nantinya dapat memanfaatkan aplikasi mySooltan untuk memperkuat bisnisnya secara digital melalui berbagai fitur, seperti pengaturan harga modal dan jual barang/jasa, stok produk, manajemen pegawai, manajemen konsumen, mengimplementasikan penggunaan sistem pembayaran berbasis uang elektronik, hingga membuat dan mencetak resi secara instan. 

“Melalui berbagai fitur di dalamnya, mySooltan menjadi solusi bagi UMKM di Indonesia agar bisa melakukan proses onboarding secara cepat dan mudah,” jelasnya. 

Lebih lanjut Edi mengatakan, selama ini Telkom rutin melakukan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM agar bisa memperluas jaringan pasar, akses modal, dan mengerti serta memahami penggunaan teknologi digital demi pertumbuhan usaha ke depannya.

Baca juga : HNW Dukung Keadilan Anggaran Untuk Madrasah

Salah satu wujud keberhasilan Telkom mendampingi UMKM untuk go online tercermin dari kisah sukses UMKM Pondok Tekstil Kreasindo di Bandung, Jawa Barat. 

UMKM binaan Telkom sejak 2011 ini merupakan salah satu pelaku usaha yang telah berhasil melakukan digitalisasi bisnis, sehingga dapat memperluas pemasaran produk dan bertahan selama pandemi berlangsung.

Digitalisasi usaha yang dilakukan Pondok Tekstil Kreasindo membuat usaha ini akhirnya dapat mengikuti sejumlah festival UMKM skala internasional sejak mulai dibina Telkom 10 tahun silam. Selain itu, UMKM Pondok Tekstil Kreasindo kini mampu memperluas pasar domestiknya melalui keikutsertaan dalam platform PaDi UMKM. 

Perkembangan usaha dan keberhasilan digitalisasi yang dilakukan Pondok Tekstil Kreasindo membuat Telkom memberikan apresiasi kepada UMKM ini.

Baca juga : Pemprov Jateng Salurkan 5.000 Dosis Vaksin Untuk Ponpes

Saat berkunjung ke lokasi usaha Pondok Tekstil Kreasindo pada Jumat (10/9) lalu, Telkom memberi hadiah berupa peningkatan layanan sooltanNet hingga 30 Mbps kepada UMKM ini. 

“Kami harap apresiasi kecil ini bisa menjadi pelecut semangat bagi Pondok Tekstil Kreasindo dan UMKM binaan Telkom lainnya untuk terus melakukan digitalisasi serta perubahan cara bisnis mengikuti perkembangan zaman,” ucapnya

Melalui digitalisasi secara masif di berbagai sektor, Telkom yakin nantinya Indonesia akan mampu menjadi negara terdepan dalam ekosistem ekonomi digital global. 

“Mari, bersama kita kembangkan ekosistem ekonomi digital demi mewujudkan mimpi tersebut dan membawa Indonesia meraih kedaulatan digital,” tutup Edi. [MFA]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.