Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Cetak SDM Berkualitas, JAPNAS Gandeng Lemhannas

Kamis, 23 September 2021 22:55 WIB
Ketua Umum JAPNAS Bayu Priawan Djokosoetono (kiri) dan Gubernur Lemhannas Agus Widjojo. (Foto: ist)
Ketua Umum JAPNAS Bayu Priawan Djokosoetono (kiri) dan Gubernur Lemhannas Agus Widjojo. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jaringan Pengusaha Nasional (JAPNAS) bekerja sama dengan Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Peningkatan SDM tersebut dilakukan dengan pendidikan dan pelatihan, pertukaran tenaga ahli, pemantapan nilai-nilai kebangsaan dan tukar menukar informasi. 

Kerja sama JAPNAS dan Lemhannas ditandai dengan penandatangan MoU yang digelar, Kamis (23/9).

“JAPNAS merupakan bagian kecil kelompok pengusaha yang memiliki tanggung jawab dalam membangun perekonomian masyarakat,” ungkap Ketua Umum JAPNAS Bayu Priawan Djokosoetono dalam sambutannya. 

Baca juga : Sukseskan Vokasi, Kemendikbud Gandeng Kemendes

Bayu mengatakan, pengusaha memiliki tanggung jawab yang besar dalam pemulihan ekonomi di saat pandemi. Di mana pengusaha harus menjaga roda ekonomi nasional tetap berputar. 

“Pengusaha harus memiliki semangat nasionalisme. Kondisi pandemi saat ini menuntut peran serta pengusaha semakin besar, meskipun di lain sisi pengusaha juga harus mampu bertahan dari dampak pandemi,” lanjutnya.

Oleh karenanya melalui penandatanganan ini, JAPNAS berharap mampu menciptakan pengusaha tangguh yang memiliki semangat pengabdian dan nasionalisme. 

“Lemhannas merupakan lembaga pengkaderan pemimpin nasional, termasuk bagi pengusaha nasional. Oleh karenanya sinergitas program dan transfer informasi sangat dibutuhkan untuk memahami perekonomian ke depan,” tukas Bayu.

Baca juga : Cetak Wirausahawan Unggul, KSP Dorong Pengembangan Inkubator Bisnis

Senada dengan Bayu, Ketua Harian PP JAPNAS Widiyanto Saputro mengatakan, banyak hal yang bisa disinergikan antara JAPNAS dengan Lemhannas. Misalnya pendidikan, pelatihan, program, dan networking yang dimiliki Lemhannas sangat penting untuk menumbuhkan semangat nasionalisme pengusaha di Indonesia. 

“JAPNAS yang saat ini sudah berusia enam tahun, harus didorong memiliki peranan yang lebih besar bagi pembangunan nasional,” ujarnya. 

Gubernur Lemhannas, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menyambut baik kerja sama ini. Agus berharap, kerja sama ini segera direalisasikan.

“Jangan sampai penandantanganan MoU hanya menjadi seremonial saja. Namun harus segera direalisasikan dalam program-program konkrit. Semakin banyak pengusaha yang memiliki jiwa nasionalisme, akan semakin cepat mendorong kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Baca juga : Petani Diminta Bisa Beradaptasi Dengan Perubahan Iklim

Agus juga menyampaikan bahwa Lemhannas membuka diri untuk bekerjasama dengan berbagai element masyarakat. Lemhannas memiliki tenaga ahli, instrument pendidikan, serta informasi yang bisa dimanfaatkan untuk mewujudkan Indonesia menjadi lebih maju. 

“Dan kerja sama dengan pengusaha sangatlah penting, karena mereka-mereka ini adalah pemimpin di lingkup unit kerjanya, penanggung jawab di lingkungan perusahaannya. Tentu hal ini akan mendorong ekonomi nasional akan menjadi lebih baik,” tutup Agus. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.