Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dongkrak UKM Perikanan, KKP Gelar Kampanye Gernas BBI Di Aceh

Rabu, 8 September 2021 15:18 WIB
Puncak Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang berlangsung secara tatap muka dan online di Aceh, Rabu (8/9). (Foto: Ist)
Puncak Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang berlangsung secara tatap muka dan online di Aceh, Rabu (8/9). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar kegiatan Pasar Laut Indonesia dengan tema Ragam Aceh-Istimewanya Aroma Kuliner Aceh. Kegiatan ini diharapkan dapat membangkitkan geliat pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Aceh.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari penyelenggaraan Puncak Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang berlangsung secara tatap muka dan online di Aceh, Rabu (8/9).

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengatakan, Gernas BBI ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas UMKM dalam promosi dan pemasaran produknya melalui e-commerce, serta berperan mendorong peningkatan permintaan masyarakat.

"Seperti yang telah disampaikan Bapak Presiden Jokowi pada Sidang Paripurna DPR Agustus lalu, ada tiga strategi besar untuk pemulihan ekonomi nasional, yaitu digitalisasi UMKM, hilirisasi industri, dan ekonomi hijau atau ekonomi berkelanjutan yang ramah lingkungan," ujarnya.

Baca juga : Bantu Pemerintah, Kowani Gelar Vaksinasi Wisata Di Yogyakarta

Trenggono menuturkan, KKP memiliki rangkaian kegiatan untuk mendukung itu semua. Antara lain pelatihan dan onboarding 280 UMKM Aceh di marketplace Shopee, Onboarding UMKM unggulan melalui warehouse #pasarlautindonesia ke GoFood dan GoMart, serta pelatihan GoNusantara kepada 232 UMKM Aceh, Onboarding UMKM unggulan yang ada warehouse #pasarlautindonesia di GrabMart dan GrabFood untuk wilayah Jabodetabek.

Selain di Aceh, kata Trenggono, ada juga galeri produk UMKM unggulan nasional di Terminal 3 Kedatangan Bandara Soekarno-Hatta Jakarta, dan UMKM unggulan daerah di Rest Area 260B serta Rest Area 456 Tol Trans Jawa pada tanggal 24 Mei - September 2021.

Lalu, terdapat Pameran Virtual produk UMKM unggulan. Kemudian terdapat kegiatan pembinaan dan pelatihan lainnya melalui serial webinar pada Bulan September-Desember 2021, dan lainnya.

"Yang tidak kalah seru, adalah Lomba Inovasi Ikan Pendamping Kopi bertajuk Master Class yang akhirnya telah terpilih 3 finalis dari 400 pendaftar pada bulan Juli-Agustus 2021 dan telah diumumkan pemenangnya," ungkapnya.

Baca juga : KPK Anggap Uji Materi Wujud Perhatian Dan Kecintaan Kepada Pemberantasan Korupsi

Eks Wakil Menteri Pertahanan ini menjelaskan, penyelenggaraan kampanye ini merupakan hasil kolaborasi yang dibangun KKP dengan sejumlah instansi perbankan, Pemerintah Provinsi Aceh, Pemerintah Kota Banda Aceh, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, e-commerce, asosiasi ritel, hingga media.

Menurutnya, kolaborasi ini menjadi bukti bahwa di tengah keterbatasan akibat pandemi Covid-19, justru telah mendorong KKP dan pihak-pihak terkait untuk terus berinovasi dan bertransformasi dalam menggali lebih dalam potensi dan peluang UMKM agar semakin tumbuh berdaya saing sehingga menjadi kebanggaan di negeri sendiri.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam sambutannya mengatakan, UMKM sektor kelautan dan perikanan harus terus dikembangkan termasuk di Aceh. Salah satu kuncinya semua pihak harus berkolaborasi dan peka terhadap perkembangan selera pasar serta teknologi.

"Mari membantu UMKM, jadilah brand ambassador produk-produk lokal, bangun kapasitas dan kualitas SDM UMKM melalui pelatihan-pelatihan," ajak Luhut.

Baca juga : Edukasi Pegiat Medsos, Aptika Kominfo Dan DPR Gelar Webinar Literasi Digital

Sementara itu, Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Artati Widiarti menegaskan, alasan Jalur Kopi diangkat menjadi tema besar karena mengingat kopi saat ini tengah menjadi tren di masyarakat, khususnya kalangan anak muda.

"Harapannya kampanye untuk meningkatkan konsumsi ikan dan promosi produk-produk UMKM sektor kelautan dan perikanan ikut terdongkrak bersama nama besar Kopi Gayo Aceh," ucapnya. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.