Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Anugerah Jurnalistik KAI 2021 Diumumkan, Ini 6 Karya Terbaiknya

Selasa, 28 September 2021 08:50 WIB
Anugerah Jurnalistik KAI 2021 Diumumkan, Ini 6 Karya Terbaiknya

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menetapkan 6 karya terbaik sebagai pemenang di Anugerah Jurnalistik KAI 2021 dalam dua kategori, yaitu Media Cetak dan Online dan Televisi. 

Anugerah Jurnalistik KAI ini mendapat respons sangat baik oleh rekan-rekan media. KAI berhasil menjaring 405 karya dari 143 media dan diikuti oleh 183 peserta.

Dengan mengusung tema 'Adaptasi KAI di Tengah Pandemi', melalui ajang ini, BUMN jasa angkutan kereta api. Ini memberikan apresiasi kepada insan pers yang selama ini telah berkontribusi terhadap pemberitaan dan dukungan perusahaan. 

Tidak hanya itu, Anugerah Jurnalistik KAI 2021 juga sebagai bagian dari rangkaian acara HUT ke-76 KAI. 

VP Public Relation KAI, Joni Martinus memberikan apresiasi kepada insan pers yang sudah berpartisipasi  dalam Anugerah Jurnalistik KAI 2021 dan mengirimkan karya-karya terbaiknya.

Baca juga : BPS Anugrahi Kementan Sebagai Mitra Terbaik Satu Data

"Antusiasme yang tinggi terhadap Anugerah Jurnalistik KAI 2021 ini membuktikan bahwa apa yang dilakukan KAI terus mendapat dukungan dari rekan-rekan media sebagai mitra kerja kami. Untuk itu kami ucapkan banyak terima kasih atas karya-karya terbaiknya," kata Joni, Selasa (28/9).

Pada pelaksanaan Anugerah Jurnalistik KAI 2021, KAI telah melibatkan Dewan Juri dari berbagai kalangan dan tentunya memiliki kompetensi di bidangnya. 

Mereka adalah Djoko Setijowarno selaku Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Royke Sinaga Kepala Redaksi Ekonomi Kantor Berita Antara, dan VP Public Relation KAI, Joni Martinus.

Di kesempatan yang sama, Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan MTI, Djoko Setijowarno mengapresiasi ajang lomba jurnalistik yang pertama kali diadakan oleh KAI ini. 

Baginya, ini bisa menjadi wadah perusahaan untuk mempererat hubungan dengan insan pers. "Karya yang dikirimkan bagus-bagus. Terbukti banyak juga yang menyertakan sejumlah data. Karena dengan data, informasi yang kita sampaikan bisa lebih lengkap," ujar Djoko.

Baca juga : Bamsoet Dukung Industri Modifikasi Kendaraan Listrik

Sementara itu, Kepala Redaksi Ekonomi Kantor Berita Antara, Royke Sinaga berpandangan seluruh karya yang dikirimkan memiliki karakteristik dan objek penulisan yang sangat menarik.

"Tidak hanya karya dari media online dan cetak, tapi dari media televisi juga sangat menarik penyajian informasinya. Effort mereka dalam pembuatan karya ditambah dengan narasumber yang lengkap, ini menjadi poin plus tersendiri," tambah Royke.

Dari hasil penjurian, Anugerah Jurnalistik KAI menetapkan pemenang untuk masing-masing kategori. Pertama, Kategori Media Online dan Cetak

Untuk juara satu, Medcom.id, dengan judul 'Menanti Lompatan Baru Bisnis Kereta Api' oleh Desi Angriani. Juara kedua, IDN Times, dengan judul 'Angkutan Barang KAI: Sang Penerang Kala Pandemik Menghadang', karya Dhana Kencana. Juara ketiga, Republika, dengan judul 'Mengamankan Laju Lokomotif Saat Terusik Pandemi', karya Rahayu Subekti 

Kedua, untuk kategori Media Televisi. Juara pertama, Berita Satu TV, dengan jdul 'Adaptasi KAI Agar Melaju', karya Swastia Ratna Ayu

Baca juga : Ronald Koeman, Barcelona Memble Kursinya Terancam

Juara kedua, Metro TV, dengan judul 'Sehat dan Hemat, Jasa Kereta Api Bandara Yogyakarta', karya Ferdi Setiawan dan juara ketiga, MNC TV, dengan judul 'Aman Berkereta Saat Pandemi Covid-19', karya Christie Leonita

Dalam perhelatan ini, para pemenang di masing-masing kategori tersebut berhak mendapatkan hadiah Rp 10 juta untuk Juara 1, Rp 7 juta untuk Juara 2, dan Rp 5 juta untuk Juara 3. 

Tidak hanya itu, masing-masing pemenang juga memperoleh plakat dan sertifikat. Selain itu, untuk mengapresiasi para peserta Anugerah Jurnalistik KAI 2021, KAI akan memberikan e-sertifikat yang akan dikirimkan ke masing-masing peserta tedaftar.

Anugerah Jurnalistik KAI sendiri direncanakan akan kembali digelar pada 2022 dengan jumlah kategori yang lebih variatif dengan tema yang tidak kalah menarik. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.