Dark/Light Mode

Ultah DPD Ke-17

Fadel Muhammad Harap Peran Senator Diperkuat

Jumat, 1 Oktober 2021 20:35 WIB
Wakil Ketua MPR dari unsur perwakilan DPD Fadel Muhammad. (Foto: Instagram @fadelmuhammadofficial)
Wakil Ketua MPR dari unsur perwakilan DPD Fadel Muhammad. (Foto: Instagram @fadelmuhammadofficial)

RM.id  Rakyat Merdeka - Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) menyambut hari jadi ke-17 pada 1 Oktober 2021. Di umur yang tak lagi muda, peran para wakil daerah itu dinantikan masyarakat karena menjadi ujung tombak dalam pembangunan dan kemajuan daerah.

Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) dari unsur perwakilan DPD Fadel Muhammad menginginkan agar wakil daerah punya peran dan fungsi yang besar dalam mengontrol pembangunan di daerah. Sebab, peran senator dalam memajukan kemajuan daerah sangat penting.

Baca juga : Utah Ke-3 Putrinya, Juragan 99 Berikan Satu Truk Kinder Joy

"Untuk itu peran DPD harus diperkuat agar bisa seimbang dengan DPR," harap Fadel di Gedung DPD, Senayan, Jakarta, Jumat (1/10).

Selama ini kata Fadel, secara politik kekuasaan DPR cukup dominan, tapi belum optimal memberikan manfaat kepada rakyat. Dengan itu, kata dia, sinergi antara DPD dan DPR harus dimaksimalkan. Karena dengan adanya sinergi antara kedua lembaga tersebut akan memperluas manfaatnya kepada rakyat dan daerah.

Baca juga : Bertemu KSAL, PP Pemuda Muhammadiyah: Masa Depan Indonesia Ada Di Laut

Lebih lanjut senator asal Gorontalo ini menilai, selama 17 tahun berdirinya DPD, pencapaian para wakil daerah belum terlalu banyak. Hal itu patut dimaklumi karena peran DPD masih terkunci dengan kewenangan yang terbatas sehingga tidak optimal dalam memberikan kontribusi ke daerah.

"Tapi hal itu patut disyukuri juga karena para wakil daerah saat ini telah menjadi satu kesatuan yang utuh sehingga mampu memberi sumbangan dan ide-ide pembangunan daerah ke tingkat pusat," kata Fadel.

Baca juga : Wapres Minta Kemitraan Pelaku Usaha Besar Dan Kecil Diperkuat

Terkait rencana amandemen Undang-Undang Dasar (UUD), Fadel mengatakan, hingga saat ini masih dalam pembicaraan di tingkat internal anggota DPD.

Namun, bila amandemen betul-betul terlaksana, diharapkan peran DPD semakin besar, khususnya dalam mengatur Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN) yang saat ini menjadi isu besar dalam rencana amandemen kelima. [TIF]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.