Dark/Light Mode

Lebih Cepat Dari Target, Kabel Laut Jasuka Selesai Diperbaiki

Selasa, 5 Oktober 2021 09:43 WIB
Markas TelkomGroup  di Landmark Tower, Jakarta.
Markas TelkomGroup di Landmark Tower, Jakarta.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar baik, PT Telkom Indonesia berhasil pulihkan  gangguan jaringan sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa-Sumatera-Kalimantan), yang sempat terputus di ruas Batam-Kalimantan. 

Kini, layanan kabel laut ini sudah kembali normal sejak Senin (4/10), pukul 05.30 WIB. Penyambungan kabel laut yang sempat terputus pada ruas Batam-Pontianak tersebut lebih cepat dari target waktu yang diperkirakan, yakni selama sebulan.

“Alhamdulillah, saat ini kabel laut Jasuka sudah kembali pulih dan melayani trafik telekomunikasi dengan normal sehingga pelanggan dapat merasakan kembali pengalaman digital terbaik dari beragam layanan TelkomGroup,” kata Vice President Corporate Communication Telkom, Pujo Pramono Selasa (5/10) 

Baca juga : Tenang, Koeman Nggak Bakal Dipecat

Pujo mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak yang telah membantu proses penyambungan kabel laut tersebut. 

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada pelanggan yang terus percaya dan setia menggunakan layanan TelkomGroup,” ucapnya.

Pujo menambahkan, Telkom akan terus melakukan monitoring trafik dan layanan guna memastikan kualitas layanan yang dirasakan pelanggan tetap prima. 

Baca juga : Telkom Percepat Pulihkan Layanan Kabel Laut JaSuKa

“Kenyamanan pelanggan merupakan prioritasnya sehingga kami akan terus memastikan keandalan kualitas infrastruktur, jaringan dan layanan. Diharapkan layanan TelkomGroup ini dapat mendukung beragam kebutuhan pelanggan dan dapat menjadikan Indonesia lebih baik lagi,”pungkasnya.

Sebagai informasi, Kabel Jasuka memiliki 17 titik pendaratan atau landing point yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, dan Kalimantan, serta Malaysia.

Titik tersebut, berada di Bandar Lampung, Batam, Baturaja, Dumai, Jakarta, Jambi, Medan, Padang, Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Rantau Prapat, Sibolga Tanjung Pakis, Tanjung Pandan, Tebing Tinggi, dan Bandar Bukit Tinggi di Selangor, Malaysia.

Baca juga : KPK Jebloskan Eks Bupati Banggai Laut Ke Lapas Sukamiskin

Jasuka merupakan salah satu jalur kabel laut terpanjang di dunia. Instalasi kabel itu terdiri empat kanal 40G yang memiliki kapasitas daya tampung hingga 16 kali lipat dari jalur konvensional.

Telkom membangun sistem kabel bawah laut jalur Jawa-Sumatera-Kalimantan sebagai upaya dari Indonesia Digital Network. Targetnya, supaya 90 persen wilayah kota dan kabupaten di Indonesia terkoneksi jaringan pita lebar (broadband) pada 2015 silam. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.