Dark/Light Mode

Gelar RUPSLB, BRI Copot Ari Kuncoro Dari Wakil Komisaris Utama

Kamis, 7 Oktober 2021 16:38 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: ist)
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) memutuskan melakukan perubahan pengurus perseroan di jajaran komisaris dan direksi BRI.

RUPSLB BRI memberhentikan dengan hormat Ari Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama atau Komisaris Independen. Pada kesempatan itu, BRI menunjuk Heri Sunaryadi sebagai Komisaris Independen BRI.

Selain itu, diputuskan juga perubahan nomenklatur jabatan anggota direksi perseroan. Yaitu, jabatan Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN menjadi Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan. Kemudian Direktur Konsumer menjadi Direktur Bisnis Konsumer.

Baca juga : Alicia Maria Peraza, Beri Kabar Baik Kondisi Elliott

"RUPSLB kali ini juga mengalihkan penugasan nama-nama direksi yang berubah nomenklaturnya," jelas Direktur Utama BRI Sunarso dalam konferensi pers RUPSLB BRI secara virtual, Kamis (7/10).

Rafikah Rokhim semula menjadi Komisaris Independen menjadi Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen. Selanjutnya, Agus Noorsanto yang semula Direktur Hubungan Kelembagaan dan BUMN menjadi Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan. Dan Handayani Direktur Konsumer menjadi Direktur Bisnis Konsumer.

Sehingga susunan kepengurusan jajaran komisaris dan direksi adalah, Komisaris Utama Kartika Wirjoatmodjo, Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen Rafikah Rokhim, Komisaris terdiri dari Robin Indrajad Hattar, Nicolaus Teguh Budi Harjanto, Hadiyanto, Komisaris Independen terdiri dari R Widyo Pramono, Heri Sunaryadi, Hendrikus Ivo, Dwi Ria Latifa dan Zulnahar Usman.

Baca juga : Gelar Vaksinasi, RSUI-Toyota Siapkan 50 Ribu Dosis Vaksin

Sementara jajaran direksi menjadi, Direktur Utama Sunarso, Wakil Direktur Utama Catur Budi Harto, Direktur Bisnis Mikro Supari, Direktur Bisnis dan Menengah Aman Sukiryanto, Direktur Bisnis Konsumer Handayani, Direktur Huma Capital Agus Winardono, Direktur Keuangan Vivianan Dya Ayu Retno, Direktur Digital dan Teknologi Informasi Indra Utoyo, Direktur Manajemen Risiko Agus Sudiarto, Direktur Bisnis Wholesale dan Kelembagaan Agus Noorsanto, Direktur Jaringan dan Layanan Arga M Nugraha dan Direktur Kepatuhan Ahmad Solichin Lutfiyanto.

Agenda lain dalam RUPSLB, BRI mengukuhkan pemberlakuan Peraturan Menteri BUMN Nomor PER-05/MBU/04/2021 tanggal 8 April 2021, tentang Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan BUMN.  

Sunarso menyebut, portofolio berkelanjutan yang disalurkan kepada UMKM, kegiatan bisnis berbasis energi baru terbarukan (renewable energy), clean transportation, green building dan lainnya tumbuh 64,5 persen atau mencapai Rp 588,6 triliun.

Baca juga : Yenny Wahid Mundur Dari Kursi Komisaris Garuda Indonesia

"BRI terus menerapkan komitmen praktik keuangan yang berkelanjutan, dengan fokus program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) BUMN berupa kegiatan yang memberikan manfaat pada ekonomi, sosial, lingkungan serta hukum dan tata kelola dengan prinsip lebih terintegrasi," imbuh Sunarso.

Selain itu sambung dia, BRI juga menerapkan program Pinjaman Kemitraan kepada pelaku UMK. Serta penerapan TJSL dalam aktivitas BRI. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.