Dark/Light Mode

Analis Sebut BNI Layak Akuisisi Bikin Bank Digital

Minggu, 17 Oktober 2021 20:20 WIB
Foto: Dok. BNI
Foto: Dok. BNI

 Sebelumnya 
Perubahan customer behavior saat ini menjadi semakin dinamis dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Bank digital membutuhkan sumber daya manusia yang inovatif dan memiliki digital mindset yang kuat serta cost yang murah guna memberikan produk dan layanan yang kompetitif.

Selain memperhatikan kriteria tersebut, perseroan juga akan melihat kondisi permodalan. Perseroan tentunya ingin mendapatkan potensi return yang bagus dan modal yang dialokasikan untuk akusisi. Sehingga, dibutuhkan pengkajian dan pertimbangan yang matang sebelum perseroan memutuskan untuk melakukan akuisisi tersebut.

Baca juga : Bakti Kominfo Bantu Disabilitas Melek Digital

“Kami sudah punya semua kajiannya, cuma kriteria menjadi digital bank harus dipersiapkan dengan baik bukan sekedar ikut-ikutan,” kata Royke, Juli lalu.

Sementara itu, Head of Research Samuel Sekuritas Indonesia Suria Dharma mengatakan sebenarnya tidak ada kriteria khusus yang harus dimiliki oleh bank yang diakuisisi BNI nantinya. Meski demikian, dia menilai BUKU I dan BUKU II yang diambil harus bersih dan tidak bermasalah.

Baca juga : Apresiasi DIA 2021, Menteri Sandi Sebut Bisa Picu Lahirnya Inovasi Digital

“Tentunya kalau bisa yang bersih, tidak ada karakteristik khusus, karena tentunya BBNI akan mengembangkan sendiri bank digital yang sesuai dengan BBNI,” kata Suria.

BBNI sendiri diberi penugasan oleh pemerintah untuk menggarap bisnis perbankan internasional. Salah satu strategi yang dapat dilakukan adalah penambahan jaringan kantor di luar negeri baik dalam bentuk kantor cabang, sub-branch atau representative office.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.