Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perjalanan Ke Luar Negeri

Bandara Soetta Tawarkan Hasil PCR Cuma Sejam

Rabu, 20 Oktober 2021 15:57 WIB
Ilustrasi (Foto: Ist)
Ilustrasi (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sebagai pintu gerbang utama Indonesi menyiapkan lokasi dan fasilitas tes covid-19 bagi penumpang dari luar negeri yang baru mendarat.

Tes yang dilakukan adalah Tes Cepat Molekuler metode Real Time RT-PCR yang hasilnya dapat diketahui sekitar 60 menit. Pengambilan sampel dilakukan ketika penumpang baru mendarat dan hasil didapat sebelum penumpang berangkat ke tempat karantina.

Baca juga : Prof. Tjandra: Negara Boleh Terapkan Vaksinasi Ketiga, Tapi Penuhi Dulu Syarat Ini

“Hasil tes dapat diketahui sekitar 1 jam, sehingga penumpang tidak terlalu lama menunggu di bandara,” ujar Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi dalam keterangannya, Rabu (20/10).

Tes PCR dilakukan di international arrival hall Terminal 3 Bandara Soetta dengan memperhatikan berbagai aspek, termasuk keamanan, kebersihan, kesehatan dan higienis.

Baca juga : Menaker: Magang Di Luar Negeri, Banyak Yang Jadi Pengusaha

“International arrival hall Terminal 3 sangat luas, dan ini membantu karena ruang yang ada bisa dimanfaatkan untuk mendirikan hingga 20 bilik pengambilan sampel secara aman," kata Agus. 

Di tempat itu juga dikatakan, disediakan sejumlah titik holding bay atau tempat menunggu bagi penumpang untuk melakukan registrasi dan menunggu verifikasi dokumen kesehatan. Saat ini kapasitas peralatan yang tersedia di Bandara Soekarno-Hatta untuk melakukan tes Covid-19 terhadap sekitar 700 orang per jam.

Baca juga : Ogah Kecolongan Kasus Di Masa Nataru, Pemerintah Gencarkan Vaksinasi Lansia

Dengan kapasitas sebanyak itu maka tes PCR diharapkan berjalan baik dan lancar.  Bandara Soekarno-Hatta saat ini tengah menyiapkan laboratorium tes berstandar Bio Safety Lab Level 2 (BSL 2) untuk pelaksanaan tes PCR yang lebih masif sehingga semakin mendukung protokol kesehatan. 

Melalui BSL 2, kapasitas dalam melakukan tes akan semakin banyak, hasil tes dapat diketahui lebih cepat, sehingga protokol kesehatan terjaga dan penumpang tidak terlalu lama menunggu di bandara. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.