Dark/Light Mode

Permintaan Keluarga, Jenazah Warga Portugal Akan Dikremasi

Senin, 13 September 2021 21:12 WIB
Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Banten, terbakar dan puluhan napi meninggal dunia.
Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Banten, terbakar dan puluhan napi meninggal dunia.

RM.id  Rakyat Merdeka - Keluarga korban meminta jenazah Ricardo Ussumane Embalo (51), Warga Negara Asing (WNA) asal Portugal yang menjadi korban meninggal kebakaran di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas 1 Tangerang, Banten, dikremasi.

Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi (Binapi Latkerpro) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen Pas), Thurman Hutapea mengatakan, kremasi jenazah Ricardo Ussumane merupakan keputusan dari pihak keluarga korban yang berada di Porto, Portugal.

Baca juga : Presiden Terbang Ke Jateng Tinjau Vaksin Hingga Pertemuan Rektor

"Putusan Keluarga korban agar jenazah Ricardo Ussumanedikremasi," kata Thurman Ricardo dalam jumpa pers di RS Polri Kramat Jati, Senin (13/9) .

Thurman mengaku, komunikasi dengan keluarga korban yang berada di Portugal selama proses identifikasi berjalan lancar. Termasuk saat proses pengiriman sampel DNA untuk keperluan identifikasi.

Baca juga : Peringati HUT Ke-2, Partai Gelora Gelar Lomba Mural Secara Nasional

"Terkait pemulasaraan kita sudah berkomunikasi dengan baik dengan duta besar yang bersangkutan buktinya hasil DNA pembanding begitu cepat dikirim ke kita," ujar Thurman dikutip Antara.

Sementara itu, Sespudokes Polri Kombes Pol Pramujoko mengatakan, proses identifikasi WNA asal Portugal itu berhasil dilakukan setelah Tim Disaster Victim Identification (DVI) mendapatkan DNA pembanding dari ayah korban yang bernama Antonio Embalo.

Baca juga : Permintaan Pasar Meningkat, Tahun Ini Paramount Land Luncurkan 4 Produk Properti

"Setelah kita cek,  ternyata jenazahnya cocok dengan nomor PM: 0028.PMJ/RSPOLRI/0015. Jadi jenazah ini teridentifikasi sebagai Ricardo Embalo," ujar Pramujoko.

​​​​​​Tim DVI kembali berhasil mengidentifikasi sebanyak delapan jenazah korban kebakaran Lapas Tangerang. Total sudah ada 18 jenazah yang telah teridentifikasi dari 41 jenazah yang diidentifikasi di RS Polri Kramat Jati. [MFA]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.