Dark/Light Mode

Peneliti UI: Tak Ada Mikroplastik Di Galon Guna Ulang

Jumat, 22 Oktober 2021 10:08 WIB
Galon Guna Ulang. (Foto: Ist)
Galon Guna Ulang. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Peneliti sekaligus dosen di Departemen Kimia FMIPA Universitas Indonesia (UI) Dr. rer. nat. Agustino Zulys menegaskan, pihaknya tidak pernah meneliti mikroplastik pada galon guna ulang.

Mereka, hanya melakukan penelitian yang mengungkapkan adanya kandungan mikroplastik di kemasan galon sekali pakai berbahan PET. Sehingga, belum ada bukti keberadaan mikroplastik di galon guna ulang.

"Penelitian yang baru-baru ini kami lakukan kan pada kemasan galon sekali pakai berbahan PET. Hasil penelitian kami menunjukkan secara kuantitatif dan kualitatif ada mikroplastik di air kemasannya," ujar Kepala Laboratorium Kimia UI itu, Jumat (22/10).

Baca juga : Setelah 17 Tahun, Jabar Pastikan Emas Di Nomor Tunggal Putra Bulutangkis

Dia mengatakan, penelitian yang dilakukan UI bersama Greenpeace sama sekali tidak ada kaitannya dengan kemasan galon guna ulang berbahan Polikarbonat (PC). "Penelitian kita sama sekali tidak ada kaitannya dengan galon guna ulang berbahan polikarbonat," tegasnya.

Agustino membantah informasi yang menyebut, UI pernah menyatakan bahwa kandungan mikroplastik dalam galon guna ulang lebih berbahaya dari kemasan plastik lainnya termasuk galon sekali pakai. "Saya hanya mengatakan bahwa kalau di galon sekali pakai saja ada," terang Agustino.

Dia pun menyayangkan pernyataannya dipelintir pihak-pihak tertentu. Dia mengulang, data yang disampaikan itu soal kandungan mikroplastik pada galon sekali pakai, bukan pada kemasan plastik yang lain.

Baca juga : Ketua KONI: Sepak Bola Putri Pegang Peran Besar Di Masa Mendatang

"Jadi, saya heran kalau sampai ada yang memberitakan soal kemasan plastik yang lain. Jelas itu tidak benar," tandasnya.

Klarifikasi serupa juga disampaikan Periset Utama Kampanye Plastik Greenpeace Indonesia Afifah Rahmi Andini.

"Riset yang kami lakukan bersama laboratorium kimia anorganik UI adalah mengenai kandungan mikroplastik dalam galon sekali pakai dan bukan galon guna ulang," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.