Dark/Light Mode

Erick: Ekonomi Syariah Di Bawah BSI Lebih Tinggi Dibanding Himbara

Jumat, 22 Oktober 2021 15:38 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Antara)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menerangkan, pertumbuhan ekonomi syariah di bawah Bank Syariah Indonesia (BSI) jauh lebih tinggi dibandingkan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara).

"Ini merupakan hasil dari adanya fokus pada pengembangan ekonomi syariah," ujar Erick, dalam acara peluncuran logo baru Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) dan peringatan Hari Santri Nasional 2021, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (22/10), seperti dikutip Antara.

Baca juga : Megawati Sah Jadi Dewan Pengarah BRIN, Didampingi Sri Mul Dan Suharso

Sebagai negara Muslim terbesar, ia menginginkan industri halal dan ekonomi syariah Indonesia bisa menjadi pemain yang bisa menyeimbangkan ekosistem syariah negara lain. Karena itu, Erick yang juga Ketua Umum Pengurus Pusat MES pun ingin melakukan terobosan melalui sistem bagi hasil BSI, yang selama ini dianggap sedikit lebih mahal daripada bunga Himbara.

"Bila berkenan, kami ingin ada dukungan dari Gubernur Bank Indonesia (BI) dan Menteri Keuangan agar bergeraknya ekonomi syariah ini bisa juga bermanfaat untuk pengusaha-pengusaha yang memang pada saat ini menjadi bagian terpenting untuk keseimbangan ekonomi," ungkapnya.

Baca juga : DKI Belum Bebas Ancaman Gelombang Ketiga Corona

Di sisi lain, lanjut Erick, MES terus mendorong program-program pendukung pesantren dan santri untuk berkembang. Beberapa program yang didorong antara lain kegiatan Indonesia Internasional Halal Fair bersama BI.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengingatkan dunia internasional bahwa Indonesia memiliki produk-produk halal unggulan dengan berbagai merek lokal. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.