Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

UMKM Dilibatkan

Bahlil Siap Kawal Komitmen Investasi Baterai Dan Kendaraan Listrik Foxconn

Minggu, 24 Oktober 2021 12:57 WIB
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (tengah) dalam pertemuan dengan Chairman Foxconn Yong Liu dan CEO Gogoro Horace Luke di Taipei, Taiwan, Jumat (22/10). (Foto: Instagram)
Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia (tengah) dalam pertemuan dengan Chairman Foxconn Yong Liu dan CEO Gogoro Horace Luke di Taipei, Taiwan, Jumat (22/10). (Foto: Instagram)

 Sebelumnya 
Dalam pertemuan virtual Agustus lalu, Foxconn mengungkapkan minat investasi industri baterai dan kendaraan listrik.

Khusus kerja sama mengenai untuk skuter listrik roda dua, Foxconn akan menggandeng Gogoro yang telah berpengalaman dalam mengembangkan skuter listrik.

CEO Gogoro Horace Luke meyakini, mobilitas menggunakan kendaraan listrik adalah sebuah hal yang tak terhindarkan dan akan terjadi di dekade ini.

Baca juga : Tawarkan Peluang Investasi, Modernland Luncurkan Jakarta Business District

Gogoro selaku pionir dalam penyediaan infrastruktur sistem pertukaran baterai di Taiwan dan kendaraan listrik roda dua, dipastikan turut bekerja sama dalam melengkapi rencana investasi Foxconn.

"Kami memulai di Taiwan, dan melihat bahwa Indonesia adalah tempat yang tepat untuk kami mengembangkan skuter listrik. Pengisian energi untuk skuter listrik kami bukan menggunakan teknologi charging, melainkan pertukaran baterai (battery swap). Kami menilai, ini sangat tepat untuk digunakan di Indonesia," ujar Horace.

Hon Hai Precision Industry (Foxconn) yang didirikan pada 1974, adalah perusahaan kontrak manufaktur terutama komponen dan produk elektronik.

Baca juga : Gibran Apresiasi Peran Kiai Dan Santri Pada Capaian Vaksinasi Solo

Berpusat di New Taipei City, Taiwan, perusahaan ini juga telah beroperasi di negara-negara lain seperti Brasil, India, Jepang, Meksiko, dan beberapa negara di Eropa.

Meski lebih dikenal sebagai “pembuat produk-produk Apple”, Foxconn juga memproduksi untuk berbagai merek terkemuka global lainnya seperti Google, Hewlett-Packard (HP), Intel, Dell, Amazon, Nintendo, Sony, dan Xiaomi.

Sementara itu, Gogoro Inc. yang didirikan oleh Horace Luke pada tahun 2011 adalah perusahaan teknologi yang mengembangkan skuter listrik pintar roda dua (smart scooter), berikut ekosistem infrastruktur pertukaran baterai yang menjadi pionir di Taiwan.

Baca juga : Bamsoet Dorong Penambahan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Berdasarkan data yang ada pada Kementerian Investasi/BKPM, realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) asal Taiwan pada periode Semester I (Januari-Juni) 2021 tercatat sebesar 213,5 miliar dolar AS dan menempati peringkat ke-11 di antara negara lainnya.

Investasi asal Taiwan tumbuh 91 persen, dibandingkan periode yang sama pada tahun 2020.

Sebaran lokasi investasi asal Taiwan juga tidak hanya terpusat di Pulau Jawa (47 persen), namun juga berimbang di luar Pulau Jawa (53 persen) untuk periode yang sama. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.