Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
%
Ganjar & Mahfud
Waktu |

Kuartal III, Laba Zyrex Naik 34,5 Persen

Selasa, 26 Oktober 2021 13:52 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Zyrexindo Mandiri Buana, Tbk (ZYRX) mencatat laba senilai Rp 43,4 miliar pada kuartal III-2021. Jumlah ini melonjak 34,5 persen dibandingkan periode yang sama 2020 senilai Rp 32,2 miliar. Peningkatan laba ini didorong penjualan di kuartal III-2021 senilai Rp 415,4 miliar.

Angka penjualan ini melesat 132 persen dibandingkan tahun lalu, yang hanya Rp 179,6 miliar. Selain itu, aset total yang tercatat sebesar Rp 422,9 miliar atau naik 226 persen dari Rp 129,6 miliar di akhir 2020. Peningkatan aset terjadi karena adanya peningkatan piutang usaha dan persediaan.

Di sisi lain, total liabilitas juga meningkat dari Rp 77,7 miliar menjadi Rp 250 miliar. Peningkatan liabilitas tersebut disebabkan kenaikan liabilitas jangka pendek yang digunakan untuk modal kerja.

Baca juga : Tembus Rp 7,7 T, Laba Bersih BNI Tumbuh 73,9 Persen

Kendati demikian, posisi rasio utang terhadap ekuitas masih terjaga di angka 0.6 dan rasio utang terhadap aset di angka 0.72.

Direktur Utama Zyrex Timothy Siddik mengatakan, pertumbuhan kinerja keuangan di kuartal III terjadi karena pertumbuhan penjualan dari semua segmen penjualan, baik langsung kepada konsumen, kerja sama bisnis, dan juga dengan pemerintah (B2C, B2B, dan B2G).

Ditambahkannya, sebagai satu-satunya merek perangkat TIK lokal yang masuk ke dalam ketiga segmen tersebut, perseroan menikmati pertumbuhan yang signifikan pada tahun ini.

Baca juga : Tembus Rp 1,5 T, Laba BTN Naik 35 Persen

"Di segmen B2C, kami melihat kebutuhan yang sangat besar akan laptop untuk siswa-siswi di seluruh Indonesia yang jumlahnya mencapai 45 juta," papar dia dalam keterangan tertulis, Selasa (26/10).

"Oleh karena itu, kami fokus untuk menjual laptop untuk anak-anak sekolah melalui jaringan distribusi yang kami miliki," imbuh Timothy.

Di segmen B2B, Zyrex mengalami pertumbuhan dibandingkan tahun lalu lantaran corporate customernya mulai dapat kembali melakukan ekspansi.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.