Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dering Bisnis Telekomunikasi Makin Nyaring

Sabtu, 25 Mei 2019 12:46 WIB
Ilustrasi menara telekomunikasi. (Foto: Kominfo)
Ilustrasi menara telekomunikasi. (Foto: Kominfo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setelah rontok pada tahun lalu, bisnis telekomunikasi alias telekomunikasi alias telko mulai kinclong lagi. Bahkan, beberapa operator besar optimis dapat cetak untung. Dering bisnis telko makin nyaring.

Direktur Utama PT XL Axiata Tbk Dian Siswarini mengaku bisnis telko pada tahun menurun. Salah satu penyebabnya aturan registrasi kartu SIM prabayar. Namun, penurunan itu hanya sementara.

Ini terbukti pada awal tahun ini, bisnis telko mulai membaik lagi. Karena itu, Dian optimis, pada tahun ini bisnis telko akan tumbuh.

Baca juga : Kembangkan Bisnis, Inalum Bangun Kantor Ramah Lingkungan

Pasca pemerintah mewajibkan registrasi kartu SIM prabayar, perilaku konsumen berubah. Dari yang sebelumnya hanya beli pakai buang kartu perdana, kini menjadi pelanggan yang royal.

Menurut dia, dengan adanya program registrasi kartu membuat jumlah pelanggan lebih pasti. “Tahun ini bisnis telko bisa tumbuh dikisaran single digit,” katanya.

Dirut Telkomsel yang kini ditunjuk jadi Dirut Telkom Ririek Ardiansyah memprediksi tahun industri telko Indonesia bisa tumbuh lebih baik. Telkomsel pun menargetkan pada tahun ini tumbuh 4-5 persen.

Baca juga : Siang Ini, KPU Mulai Rekapitulasi Suara Dalam Negeri

“Kami berharap bisa tumbuh di atas rata-rata industri,” ujar Ririek di Jakarta, Senin lalu.

Menurut dia, ada beberapa faktor yang bisa mendongkrak pertumbuhan bisnis, seperti registrasi kartu yang mulai membuahkan hasil dan persaingan antar operator kini lebih rasional sehingga harga data internet relatif lebih stabil.

Untuk diketahui, 2018 ditutup dengan kinerja operator selular yang tidak memuaskan. Pertama kalinya setelah lebih dari tiga dekade, terjadi negative growth sebesar 7,4 persen. Tak dapat dipungkiri, pertumbuhan minus itu dipicu oleh tiga faktor utama.

Baca juga : Gawat, Amunisi Liverpool Makin Berkurang

Pertama, kebijakan registrasi kartu SIM prabayar. Kedua, menurunnya penggunaan legacy service (SMS dan voice) karena maraknya layanan OTT sejenis. Dan ketiga, perang tarif khususnya data yang tak kunjung usai. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.