Dark/Light Mode

Meningkat Dibanding Tahun Lalu

BRI Salurkan Kredit Buat UMKM Rp 848 T

Kamis, 28 Oktober 2021 06:50 WIB
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: Istimewa).
Direktur Utama BRI Sunarso. (Foto: Istimewa).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk berhasil menyalurkan kredit secara konsolidasi hingga Rp 1.026,42 triliun. Jumlah itu tumbuh 9,74 persen secara year on year (yoy) hingga kuartal III-2021.

Raihan kredit BRI ini lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit perbankan nasional sebesar 2,21 persen.

Baca juga : Rencakan Liburan Akhir tahun Lebih Hemat dengan Kartu Kredit BCA tiket.com

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan, salah satu faktor utama penopang pertumbuhan kredit konsolidasian BRI, yakni penyaluran kredit segmen Usaha Mikro, Kecil, Meengah (UMKM) yang tumbuh 12,50 persen yoy. Atau mencapai Rp 848,60 triliun pada akhir September 2021.

Angka ini membuat proporsi kredit UMKM dibanding total kredit BRI meningkat. Dari semula 80,65 persen pada akhir September 2020 menjadi 82,67 persen pada akhir September 2021.

Baca juga : Kemenkop UKM Dorong Pembiayaan Syariah Buat UMKM

“Capaian ini juga tak lepas dari holding Ultra Mikro (UMi) yang telah rampung bersama Pegadaian dan PNM. Di samping pemulihan kondisi ekonomi akibat kian melandainya pandemi,” ujar Sunarso dalam jumpa pers Laporan Keuangan kuartal III-2021 secara virtual di Jakarta, kemarin.

Hingga akhir tahun, mantan bos Pegadaian ini optimistis kinerja BRI akan terus membaik. BRI menargetkan kredit pada tahun ini tembus di angka 67 persen. Dan, pada 2022, mencapai 8 persen.

Baca juga : Gandeng Batumbu, CIMB Niaga Salurkan Pinjaman Ke UMKM Hingga Rp 50 M

Sunarso memperkirakan, ke depan, sumber pertumbuhan BRI datang dari nasabah existing. BRI akan terus mengawal agar nasabah naik kelas sehingga tercipta peluang lebih besar di segmen bawah. Terutama yang belum tersentuh kredit perbankan.

“Intinya, kami menyasar bisnis go smaller and go faster, supaya BRI menjangkau pasar yang lebih bawah lagi. Serta digitalisasi, agar biaya lebih murah dan cepat,” tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.