Dark/Light Mode

Gandeng Batumbu, CIMB Niaga Salurkan Pinjaman Ke UMKM Hingga Rp 50 M

Selasa, 19 Oktober 2021 16:03 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menargetkan porsi pembiayaan ke sektor UMKM terus meningkat. Untuk itu, CIMB Niaga menggandeng fintech Peer to Peer (P2P) lending PT Berdayakan Usaha Indonesia (Batumbu), dengan menyediakan pembiayaan UMKM hingga Rp 50 miliar.

Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga Tony Tardjo menjelaskan, kerja sama antara CIMB Niaga dan Batumbu dilakukan melalui skema channeling untuk memberikan akses finansial yang lebih luas bagi UMKM.

Baca juga : Berstatus Siaga, Merapi Semburkan Lava Pijar Hingga 1,8 KM

Para pelaku usaha di segmen tersebut bisa mengajukan pinjaman untuk tagihan dagang (invoice financing) kepada CIMB Niaga melalui platform milik Batumbu, sehingga dapat terus mengembangkan bisnisnya.

"CIMB Niaga terus mendukung pertumbuhan bisnis UMKM, salah satunya melalui sinergi dengan fintech seperti Batumbu," ucapnya dalam konferensi pers kerja sama keduanya secara virtual, Selasa (19/10).

Baca juga : Panen Rezeki Bank BPD, Berikan Hadiah Hingga 3 Miliar

UMKM kata Tony, menjadi sektor usaha penopang ekonomi nasional, untuk itu keberlangsungannya perlu didukung. Terutama dalam menyediakan pembiayaan yang mudah dan murah. Saat ini di CIMB Niaga, porsi pembiayaan ke UMKM mencapai 15 persen.

Sesuai dengan Peraturan Bank Indonesia (PBI) terkait Rasio Pembiayaan Inklusif Makroprudensial (RPIM) UMKM, yang mewajibkan perbankan minimal 20 persen di Juni 2022 dan 30 persen di Juni 2024, CIMB Niaga berupaya untuk memenuhi target tersebut.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.