Dark/Light Mode

Pertemuan G20

Sri Mul Minta Upaya Global Untuk Pulih Bersama Difasilitasi

Sabtu, 30 Oktober 2021 15:35 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Humas Kemenkeu)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Foto: Humas Kemenkeu)

 Sebelumnya 
Sri Mul juga mengungkapkan, pekerjaan dalam mendorong pemulihan tidak akan berhenti dalam presidensi G20 saat ini.

Diperlukan berbagai upaya, untuk lebih mengembangkan modalitas selama beberapa bulan mendatang.

Indonesia sebagai Presidensi G20, selanjutnya akan memanfaatkan kesempatan untuk membuat komitmen yang tegas untuk bertindak.

Baca juga : Muhadjir Minta Bantuan Polisi Dan Dishub

“Sebagai Presidensi G20 tahun 2022, Indonesia siap melanjutkan upaya ini. Karena kami percaya, sangat penting untuk memfasilitasi upaya global untuk pulih bersama dan pulih lebih kuat," imbuh Sri Mul.

G20 menyatakan komitmen bersama dalam upaya mengontrol pandemi, dengan target vaksinasi 40 persen dari total populasi global di akhir tahun 2021, dan 70 persemln di pertengahan tahun 2022.

Sebagai Presidensi G20 berikutnya, Indonesia siap untuk melanjutkan upaya penting ini, dalam memfasilitasi upaya global untuk pulih bersama dan pulih lebih kuat.

Baca juga : Aiiner Indonesia Siapkan Produk Berstandar Global Buat Penyandang Disabilitas

Peran kepemimpinan G20 sangat krusial meningkatkan kerja sama global untuk mendorong ketersediaan vaksin, produk kesehatan esensial, input untuk mengurangi kendala, dukungan untuk memperkuat ketahanan rantai pasok, menambah distribusi vaksin, meningkatkan administrasi dan kapasitas industri lokal seperti transfer pengetahuan dalam penggunaan teknologi dan produksi vaksin bersama.

Indonesia bersama dengan Italia akan memimpin G20 Joint Finance – Health Task Force yang baru saja dibentuk untuk meningkatkan dialog dan kerja sama global, mempromosikan pertukaran gagasan dari pengalaman dan praktik terbaik, membangun koordinasi antara menteri keuangan dan kesehatan, dan mendorong kepengurusan yang efektif serta mengadopsi One Health approach.

Pertemuan G20 Joint Finance and Health Ministers’ Meeting dipimpin oleh Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan Italia, dengan dihadiri para Menteri Keuangan dan Menteri Kesehatan G20, negara undangan dan pimpinan sejumlah organisasi internasional.

Baca juga : Minta Rp 5,5 Triliun Untuk Penuhi Janji Kampanye Anies

Indonesia diwakili oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang hadir langsung di Roma, serta Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin secara virtual. [HES]

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.