Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Perkokoh ASEAN Hadapi Tantangan Global

Awali Dengan Penguatan Kerja Sama Bilateral Indonesia-Malaysia

Selasa, 19 Oktober 2021 12:03 WIB
Menlu Malaysia Dato’ Saifuddin Abdullah. (Foto: Zoom)
Menlu Malaysia Dato’ Saifuddin Abdullah. (Foto: Zoom)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Malaysia Dato’ Saifuddin Abdullah mengungkapkan, untuk memperkokoh ASEAN dalam menghadapi tantangan global, bisa diawali dengan memperkuat hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia.

Hal ini disampaikan Saifuddin saat menghadiri diskusi bertajuk "Memperkuat Peran Politik Luar Negeri ASEAN Dalam Menghadapi Tantangan Global", Senin (18/10).

Diskusi itu merupakan kerja sama antara Universitas Paramadina, Institut Darul Ehsan, Lembaga Survei KedaiKOPI, dan Kementerian Luar Negeri Malaysia.

Baca juga : Bamsoet Dorong Peningkatan Kerja Sama Bilateral RI-Australia

"Kita mesti mengawali dengan hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia sebagai suatu faksi yang penting dalam upaya kita memperkokoh ASEAN ini," ujar Saifuddin.

"Ini hubungan bilateral dua negara serumpun yang banyak kesamaan, banyak perkongsian, walaupun itu sekali-sekali ada juga isunya (masalahnya). Tetapi, karena serumpun dan bersaudara, itu bisa diatur pak," imbuhnya sambil tertawa.

Hubungan Indonesia yang istimewa ini, kalaupun tidak menjadi faksi, diyakini bisa membantu memperkokoh ASEAN dalam banyak hal.

Baca juga : Ekspor Diramal Bakal Meroket

Saifuddin sendiri menilai, ASEAN merupakan gabungan negara-negara serantau yang unik. Memang, masih banyak ketinggalan dari Uni Eropa.

Tapi, jika dibandingkan dengan negara-negara persekutuan wilayah-wilayah lain, ASEAN punya banyak kekuatan.

"Malahan, saya merasakan bahwa kita di ASEAN ini masih mempunyai ruang yang luas untuk memperbaiki diri," tuturnya.

Baca juga : Kemnaker: TalentHub Jawab Tantangan Masa Depan Angkatan Kerja

Ada tiga pilar yang dipaparkan Menlu Negeri Jiran di ASEAN. Pertama, soal political security arrangement. Dari segi ini, ASEAN berjaya. Tidak pernah ada masalah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.