Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pembukaan Rute Internasional Bandara Ngurah Rai, Kemenhub Pastikan Kesiapan Fasilitas

Kamis, 7 Oktober 2021 13:51 WIB
Suasana Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. (Foto: Ilustrasi/Ist)
Suasana Bandara Internasional Ngurah Rai, Bali. (Foto: Ilustrasi/Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Penerbangan internasional di Bandara Ngurah Rai, Bali akan kembali dibuka. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terus menyiapkan agar pembukaan kembali penerbangan internasional di Pulau Dewata berjalan lancar.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto mengaku telah mendapatkan laporan sementara dari hasil pemeriksaan para inspektur di lapangan. Dari hasil pemeriksaan, kata Novie, sejumlah fasilitas dinyatakan sudah memadai.

Fasilitas pelayanan yang sudah tersedia di terminal kedatangan internasional adalah tempat pemeriksaan untuk penumpang dengan suhu lebih dari 38 derajat celcius, tempat pemeriksaan dokumen kesehatan, dan 20 bilik untuk pengambilan sampel tes PCR.

Baca juga : Kemenhub Cek Kesiapan Bandara Ngurah Rai Buka Penerbangan Internasional Lagi

Kemudian ada juga tempat pemeriksaan keimigrasian, baggage handling system, alat pengatur suhu ruangan, FIDS, tempat pemeriksaan kepabeanan, holding area sebagai ruang tunggu hasil swab PCR, dan tempat duduk yang sudah diberi jarak mengikuti protokol kesehatan.

"Secara keseluruhan kesiapan fasilitas Bandar Udara Internasional Ngurah Rai untuk menerima kedatangan penumpang internasional, termasuk kesiapan fasilitas pelaksanaan PCR/TCM Test sudah lengkap dan dipersiapkan dengan baik," katanya dalam keterangan resminya, Kamis (7/10).

Namun, kata Novie, pihaknya masih menunggu kesiapan hotel karantina dan petugas pengawas fasilitas karantina yang sedang diproses bersama Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Kementerian Kesehatan, Pemerintah Bali, dan Otoritas Bandar Udara Wilayah IV.

Baca juga : KPK Temukan Surat Palsu Soal Penyelidikan Korupsi Bupati Gowa

Novie mengapresiasi koordinasi dan kerja sama seluruh pihak dalam penyiapan sumber daya manusia (SDM), serta fasilitas dan standard operating procedure (SOP) kedatangan penumpang internasional di Bandara Ngurah Rai.

Novie mengklaim pembukaan akan menarik minat kedatangan penumpang internasional. Untuk itu, Bali harus fokus terhadap kesiapan kapasitas hotel karantina di wilayahnya dengan meningkatkannya secara bertahap.

"Kami juga berharap pihak Pemda dapat memastikan proses setelah di bandara dapat tertangani dengan baik, khususnya proses karantina yang diwajibkan selama delapan hari," jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.